Kurangi Efek Negatif Sampah Plastik, Pj Bupati Lahat Akan Terapkan Hal ini Kedepanya

Kurangi Efek Negatif Sampah Plastik, Pj Bupati Lahat Akan Terapkan Hal ini Kedepanya

Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi -foto Novri yanto-lahatposco

Lahatpos.co – Pencemaran sampah plastik saat ini telah menjadi isu global karena sifatnya yang transnasional dan lintas batas.

 

Melansir dari United Nations Environment Programme (UNEP) yang menyebutkan, jumlah sampah plastik yang masuk ke ekosistem akuatik dapat meningkat hampir tiga kali lipat pada tahun 2040, apabila tidak ada upaya untuk mencegah polusi plastic sedangkan menurut data Jumlah polusi plastik sekitar 9-14 juta ton pada 2016 dan berpotensi menjadi 23-27 juta ton pada 2040. 

Dalam hal ini, menyikapi efek negatif yang ditimbulkan oleh sampah plastik, PJ Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSI ajak seluruh jajaran Pemkab Lahat dan Masyarakat lebih bijak menggunakan bahan yang menggunakan plastik dan bisa menimbulkan sampah plastik setelah digunakan.

Hal ini disampakan Dalam arahanya pada saat arak arakan Piala Adipura yang berhasil di raih kabupaten lahat pada Jumat 8 Maret 2024 di Halaman Pemkab Lahat.

Dirinya menghimbau kepada seluruh Jajaran Pemkab Lahat kedepanya perlahan meninggalkan bahan yang bisa menimbulkan sampah plastik, seperti minuman, makanan dan lain sejenisnya.

“ kedepanya akan kami siapkan surat edaran untuk seluruh jajaran Pemkab Lahat guna mengurangi efek negatif dari sampah plastik seperti minuman, makanan yang dapat menimbulkan sampah plastik kedepanya“ Ujarnya

Selain itu dirinya juga meminta, disetiap titik lokasi kegiatan yang akan dilaksanakan pemkab lahat kedepanya untuk menyiapkan tempat sampah, hal ini bertujuan menyadarkan kita semua akan pentingnya menjaga kebersihan, tukasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co