Kapolres Lahat Kawal Langsung Kotak Suara PPK Tanjung Sakti Pumu menuju KPU, Buntut Protes Massa Pendukung PKB

Kapolres Lahat Kawal Langsung Kotak Suara PPK Tanjung Sakti Pumu menuju KPU, Buntut Protes Massa Pendukung PKB

Kapolres Lahat Kawal Langsung Pengembalian Kotak Suara PPK Tanjung Sakti Pumu menuju KPU Lahat.-Foto: dok/lahatpos.co-

LAHAT, Lahatpos.co - Kapolres Lahat kawal langsung pengembalian kotak suara PPK Tanjung Sakti Pumu menuju KPU Lahat, Sabtu 24 Februari 2024.

Kapolres Lahat AKBP God Parlasro S Sinaga SH SIK MH, yang didampingi Kasat Intel AKP Mulyono SH, Kasat Samapta AKP Hipni SH, Kapolsek Tanjung Sakti, melaksanakan pengawalan langsung kotak suara dari PPK Tanjung Sakti Pumu ke KPU Lahat.

Kapolres Lahat melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Lahat Aiptu Lispono SH mengatakan, hal ini dilakukan, setelah adanya aksi protes dari massa pendukung PKB, atas perubahan C1 Plano di TPS 02 Desa Kembang Ayun Kecamatan Tanjung Sakti Pumu Kabupaten Lahat.

Pada hari Sabtu tanggal 24 Februari 2024 pukul 04.20 WIB bertempat di Kantor Camat Tanjung Sakti Pumu telah berlangsung mediasi penyelesaian oleh Kapolres Lahat, terkait adanya aksi protes dari massa pendukung PKB atas perubahan C1 plano di TPS 02 Desa Kembang Ayun Kecamatan Tanjung Sakti Pumu Kabupaten Lahat.

Kegiatan ini dipimpin oleh Kapolres Lahat AKBP God Parlaso Sinsitor Sinaga SH SIK MH dan dihadiri oleh Ketua Bawaslu Lahat Nana Priana SHi MM, Komisioner KPU Lahat Divisi Program, Data dan Informasi Emil Asy'ari, Komisioner KPU Lahat Divisi Hukum dan Pengawasan Agusman Askoni, Kabag Ops Polres Lahat Kompol Aan Sumardi SE MM.

Kasat Intelkam Polres Lahat AKP Mulyono SH MSi, Kasat Samapta Polres Lahat AKP Hapni SH, Kapolsek Tanjung Sakti, Camat Tanjung Sakti Pumu, Kanit 1 Politik Sat Intelkam Polres Lahat Ipda Agus S Kurniawan Amd, Ketua PPK Tanjung Sakti Pumu Heffen Jhoniser, Ketua Panwascam Tanjung Sakti Pumu Jhonseri, Saksi dari PKB Yudi Irwansyah, dan Caleg PKB Dapil 6 Wiwin Andaini.

Dalam mediasi penyelesaian terdapat beberapa tanggapan.

Kapolres Lahat AKBP God Parlaso Sinsitor Sinaga SH SIK MH menegaskan, kami Polri memastikan keamaan di wilayah Kabupaten Lahat itu yang utama, segala permasalahan yang terjadi dapat diselesaikan berdasarkan aturan yang ada. 

“Kepada Ibu Wiwin (Caleg i PKB Dapil 6) saya ucapkan terima kasih walaupun massa cukup banyak namun situasi tetap kondusif,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini kami ajak KPU dan Bawaslu jadi kepada Ibu Wiwin silahkan ditanyakan terkait permasalahan yang terjadi.

Hasil mediasi menyatakan bahwa nota keberatan dari saksi PKB akan dibahas ketika rapat pleno di KPU Kabupaten Lahat.

Saksi PKB diperbolehkan untuk mengawal dan menjaga kotak suara dari PPK Kecamatan Tanjung Sakti Pumu ketika di gudang KPU Lahat.

Selanjutnya kotak suara dan logistik Pemilu dari PPK Tanjung Sakti Pumu langsung diantar ke gudang KPU Lahat oleh PT Pos Indonesia.

Sebelumnya, Kapolres Lahat AKBP God Parlasro S Sinaga SH SIK MH sudah mengunjungi gudang KPU dan berkunjung ke Kantor Bawaslu Lahat. Kapolres Lahat didampingi Kabag Ops Kompol Aan Sumardi SE MM melaksanakan cek dan kontrol langsung gudang KPU Lahat, Jumat 23 Februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: