Terbukti Ampuh, Cara Mengatasi Betis Yang Mudah Pegal, Auto Sembuh Aktifitas Lancar

Terbukti Ampuh, Cara Mengatasi Betis Yang Mudah Pegal, Auto Sembuh Aktifitas Lancar

foto hanya ilustrasi-sumber foto google-lahatposco

Lahatpos.co - Cara Mengatasi Betis Yang Mudah Pegal.

Betis yang pegal kerap kali menyebabkan semua aktifitas kita terganggu, rasa sakit yang mengganggu membuat kita malas melakukan semua kegiatan.

Meski faktanya banyak cara yang bisa dilakukan, mulai mengkonsumsi obat obatan Pereda nyeri hingga melakukan treatment khusus.

Namun kali ini ada acara yang lebih muda Cara Mengatasi Betis Yang Mudah Pegal, berikut informasi selengkapnya.

1. Kompres Handuk Hangat 

Mengompres bagian yang pegal menggunakan handuk hangat bisa kamu jadikan cara mengatasi kaki pegal yang praktis. Letakkan handuk hangat pada otot yang nyeri. Lakukan pemijatan ringan pada otot yang terkena.

2. Rendam Air Hangat

Untuk mengatasi betis sakit, kamu juga bisa mencelupkan kaki ke dalam seember air hangat dan mendiamkannya selama dua puluh menit. 

Kamu pun bisa menaburkan sea salt ke dalam ember air hangat untuk membantu mengendurkan otot pada betis pegal. 

3. Peregangan

Peregangan juga bisa menjadi cara lainnya untuk mengatasi kaki pegal. Angkat kaki di atas tembok, lalu diamkan beberapa menit, kemudian turunkan sambil kamu pijat. 

Jika betis masih terasa pegal, lakukan cara yang sama sampai betis terasa lebih relaks.

4. Istirahat Cukup 

Kamu harus beristirahat sesegera mungkin setelah mengalami betis sakit dan pegal. Cobalah untuk membatasi berjalan dan melakukan gerakan dalam 23 jam pertama untuk menghindari betis pegal yang berlanjut.

5. Oleskan Krim atau Salep

Ada banyak krim untuk betis pegal yang dijual di pasaran. Kamu bisa mengoleskan krim tersebut pada bagian betis yang pegal, diamkan selama beberapa menit. 

Gunakan salep pegal sebanyak dua kali dalam sehari setelah mandi untuk mempercepat penyembuhan betis pegal. 

6. Olahraga Rutin

Olahraga Rutin dapat melatih kekuatan dan kelenturan otot. Ketika kita berolahraga, terjadi peregangan otot secara ritmik. Hal inilah yang dapat membantu menurunkan risiko keram otot.

7. Berjemur Pagi Hari

Agar betis kamu tidak pegal, kebutuhan vitamin D harus tercukupi. Berjemur pagi hari adalah salah satu cara mendukung produksi vitamin D di dalam tubuh. 

Defisiensi atau kekurangan vitamin D adalah salah satu penyebab pegal dan keluhan terkait otot lainnya yang cukup umum terjadi. Jadi, jangan takut kena paparan sinar matahari pagi, ya.

8. Gunakan Sepatu yang Pas

Penggunaan alas kaki yang tidak pas dapat menyebabkan pola jalan yang tidak tepat. Pada akhirnya, hal ini dapat berimbas pada kram otot kaki. 

Karena itu, pastikan kamu menggunakan alas kaki yang sesuai dan terasa nyaman.

9. Obat Nyeri

Mengonsumsi obat nyeri yang dijual bebas di apotek dapat membantu mengurangi nyeri akibat otot kram. 

Namun, jangan minum obat terus-menerus tanpa pemeriksaan dokter. Jika kram otot tidak membaik dengan asupan obat dalam 2-3 hari, kunjungi dokter terdekat. 

10. Konsultasi Dokter

Kalau kamu mengalami keluhan betis pegal berulang yang tidak membaik dengan perubahan gaya hidup, ada baiknya berkonsultasi kepada dokter secara langsung. 

Pemeriksaan ini dapat mendeteksi apakah ada gangguan medis yang memerlukan perhatian lebih serius.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co