Berikut Kelebihan Sistem Pertanian Hidroponik Yang di Terapkan Oleh Pemerintah Desa Lebak Budi

Berikut Kelebihan Sistem Pertanian Hidroponik Yang di Terapkan Oleh Pemerintah Desa Lebak Budi

Kades Lebak Budi di dampingi Camat Merapi barat saat meninjau sistem Hidroponik di Desa Lebak Budi--

LAHATPOS.CO, Merapi barat  -  Desa Lebak Budi juga diprediksi akan menjadi desa dengan swasembada sayuran sehat dengan sistem Hidroponik. Hidroponik adalah salah satu cara media bercocok tanam tanpa mengunakan media tanah dan hanya dengan mengunakan media air sebagai media tanam.

Hal ini di terapkan oleh pemerintah desa Lebak Budi Kecamatan Merapi Barat dengan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Lahat.

Kepala Desa Lebak Budi Susi Mariani  di dampingi  Camat Merapi barat Drs Erlambang MM saat berkunjung di Desa Lebak mengatakan bahwa program budidaya tanaman Hidroponik ini merupakan bentuk kerjasama antara pemerintah desa Lebak Budi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Lahat.

"Ya ini merupakan bentuk kerja sama antara pemerintah desa Lebak Budi dengN Dinas Pertanian Kabupaten Lahat " kata Susi Kepada lahatpos.co Jumat 20 Januari 2024.

"Beberapa waktu lalu memang pemerintah desa Lebak Budi mengusulkan kepada pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Pertanian untuk melaksanakan budidaya sistem Hidroponik ini melalui Proposal dan alhamdulilah Proposal pemerintah desa di tanggapi sehingga sekitar hampir satu bulan yang lalu pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Pertanian memberikan bantuan Hidroponik ini"

Menurut Susi bantuan yang diberikan oleh Dinas Pertanian yaitu mulai dari pelatihan  sampai bantuan semua bahan, bibit dan sampai perawatan yang selalu di dampingi oleh tenaga ahli dari Dinas Pertanian"

"Untuk tahap awal ini ada 2 jenis  bibit yang di berikan sebagai percobaan  tahap awal yaitu bibit Selada dan Pakcoi"
Sedangkan tempat media tanam ada 20 lokal yang dalam satu tempat terdapat 88 lubang media tanam. Nah untuk umur penanaman saat ini baru berusia sekitar satu minggu"

Dari hasil pelatihan budidaya dengan sistem Hidroponik ini ada beberapa kelebihan yaitu
1. Lebih hemat
2. Memaksimalkan Lahan terbatas
3. Ramah lingkungan
4. Tidak merusak tanah
5. Hasil bisa dimakan keseluruhan
6. Akar tanaman bisa diperiksa/dikontrol pertumbuhannya
7. Pertumbuhan lebih cepat
8. Tidak bergantung pada musim
9. Menghemat pemakaian pupuk
10. Tidak perlu banyak tengah
11. Lingkungan lebih bersih
12. Hama penyakit sedikit

"Kami berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Lahat melalui Dinas Pertanian kita berharap semoga program budidaya sistem Hidroponik ini bisa berhasil dan bisa terus dikembangkan dengan jumlah sayuran jenis lainya" Harapnya (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: