Dirjen Kependudukan Datang ke Lahat, Inilah Arahan Penting Bagi Pemilik E-KTP Wajib Tahu

Dirjen Kependudukan Datang ke Lahat, Inilah Arahan Penting Bagi Pemilik E-KTP Wajib Tahu

Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Republik Indonesia, Dr Drs H Teguh Setyabudi MPd mendatangi Bumi Seganti Setungguan.-Foto: Zaki/Lahat Pos-

Lahatpos.co - Dirjen Kependudukan datang ke Lahat, inilah arahan penting untuk pemilik E-KTP wajib tahu. Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Dr Drs H Teguh Setyabudi MPd mendatangi Bumi Seganti Setungguan. Ia langsung mendatangi kantor pelayanan di Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lahat. 

Teguh Setyabudi mengecek semua pelayanan Dukcapil Lahat. Satu persatu para pengurus administrasi kependudukan (adminduk) disapanya dengan senyum sembari ditemani Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi dan Kepala Dinas Dukcapil Lahat Dedi Supriadi SE MM.

Saat d ilokasi, Dirjen pun langsung bertutur dan bertanya jawab kepada warga terkait seputaran pelayanan di Disdukcapil Lahat. 

"Adik adik mau buat KTP ya. Nanti sudah pengurusannya, tolong juga ya sampaikan kepada teman-temannya yang belum umur 17 tahun dan pada tanggal 14 Februari 2024 sudah 17 tahun, agar membuat E-KTP juga," tuturnya, Rabu 17 Januari 2024. 

Menurutnya, adanya E-KTP tentu sangat membantu dalam pendataan kependudukan. 

Selain itu dapat memudahkan si pemilik Adminduk mengurus pelayanan publik seperti pembuatan rekening perbankan, urus paspor, urus SIM mengendarai, pengurusan BPJS Kesehatan dan lainnya. 

"Jadi kalau sudah dapat E-KTP dijaga ya, jangan sampai rusak. Lalu jangan foto selfie dengan memegang E-KTP, karena ada data pribadi sendiri," tuturnya. 

Selain E-KTP, dirinya juga mengajak masyarakat untuk mengaktivasikan Identitas Kependudukan Digital (IKD) di pelayanan Dukcapil Lahat. Kegunaanya bahwa data kependudukan ada digengam ponsel dengan dilengkapi keamanan password, dan terisi data kependudukan kartu keluarga. 

"Kalau ada IKD jadi memudahkan menunjukkan identitas diri, apabila KTP tinggal di rumah, maka ada di ponsel masing-masing," ujarnya. 

Selanjutnya, Teguh pun mengecek pelayanan pengurusan akta kelahiran. 

Dirinya berpesan kepada para orang tua agar juga sekaligus mengurus Kartu Identitas Anak (KIA). "Sekalian ibu-ibu, supaya anak-anak kita ada KIA," ujarnya.

Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi disampaikan Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian Lahat, Rudi Darma Setiawan SE MM, mengucapkan selamat datang kepada Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Republik Indonesia Dr Drs H Teguh Setyabudi MPd di Kabupaten Lahat.

Terima kasih telah mengunjungi Kabupaten Lahat. Adanya kunjungan ini, diharapkan pelayanan Administrasi Kependudukan di Lahat akan semakin baik.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: