Trik Jitu Cara Mudah Mengatasi Asam Lambung Naik, Mual – Mual Auto Hilang

Trik Jitu Cara Mudah Mengatasi Asam Lambung Naik, Mual – Mual Auto Hilang

foto hanya ilustrasi-sumber foto google-lahatposco

Lahatpos.co – salah satu penyakit yang sangat tidak mengenakan adalah asam lambung, rasa mual yang luar biasa akan membuat kamu pusing, lemas dan lain sebagainya.

Bahkan tak jarang asam lambung dapat menyebabkan kematian, untuk itu kamu wajib tauh trik Jitu Cara Mudah Mengatasi Asam Lambung Naik yang Sudah kami lansir dari berbagai sumber.

1. Minum air putih

Cara menghilangkan mual saat asam lambung naik yang pertama adalah minum air putih secukupnya. Hal ini dikarenakan dehidrasi atau kekurangan cairan bisa memperburuk kondisi seseorang yang sedang mengalami mual akibat asam lambung naik. Selain itu, minum air putih yang cukup juga mampu menetralkan kadar asam dalam lambung sehingga mampu meredakan gejala maag.

2. Menghindari kebiasaan berbaring setelah makan

Cara berikutnya agar tidak mual saat asam lambung naik adalah menghindari kebiasaan berbaring atau tidur setelah makan.
Berbaring setelah makan diketahui dapat memperburuk rasa mual karena menyebabkan asam lambung naik menuju kerongkongan. Oleh karena itu, setelah makan, ada baiknya Anda memberi jeda waktu selama 2–3 jam jika ingin berbaring atau tidur.

3. Membatasi konsumsi susu

Bila maag sedang kambuh, Anda disarankan untuk membatasi konsumsi susu dan produk olahannya terlebih dahulu. Hal itu karena susu memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kadar asam lambung sehingga turut memperburuk gejala maag, seperti mual, nyeri pada ulu hati, hingga heartburn.

4. Menghindari minuman alkohol dan kafein
Salah satu minuman yang perlu dihindari untuk mengurangi mual saat asam lambung naik adalah minuman beralkohol. Mengonsumsi minuman beralkohol dapat merangsang asam lambung naik sehingga turut memperparah rasa mual. Selain minuman beralkohol, konsumsi minuman yang mengandung kafein secara berlebihan juga dapat mengiritasi lapisan dinding lambung. Oleh karena itu, penting pula untuk membatasi konsumsi minuman berkafein sebagai cara menghilangkan mual saat asam lambung naik.

5. Makan secara perlahan

Selanjutnya, cara meredakan mual saat asam lambung naik bisa dengan mengunyah makanan secara perlahan.
Hal ini diketahui dapat mencegah produksi gas berlebih di dalam saluran pencernaan yang dapat memperparah gejala maag. Selain itu, mengunyah makanan secara perlahan juga turut mempermudah sistem pencernaan dalam mengolah dan mencerna makanan.

6. Makan dengan porsi sedikit

Salah satu pemicu asam lambung naik yang jarang disadari adalah mengonsumsi makanan dengan porsi berlebihan. Oleh karena itu, jika maag sedang kambuh, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan porsi sedikit namun sering. Selain memperhatikan porsinya, penderita GERD juga perlu membatasi jenis makanan tertentu untuk mencegah timbulnya gejala asam lambung naik. Beberapa makan yang perlu dibatasi di antaranya makanan asam, bawang-bawangan, cokelat, dan sayuran sulit cerna seperti kubis.

7. Mengonsumsi jahe

 Mengonsumsi jahe juga menjadi cara menghilangkan mual saat asam lambung naik yang dapat Anda lakukan. Jahe mengandung senyawa gingerol dan shogaol yang diketahui memiliki efek antiemetik sehingga dapat meredakan rasa mual secara alami. Untuk mengonsumsinya, rebuslah jahe pada air mendidih selama 5–8 menit. Agar terasa lebih segar, Anda juga dapat menambahkan perasan lemon ke dalam air rebusan jahe tersebut.

8. Meninggikan posisi kepala saat tidur

Selanjutnya, upaya meredakan rasa mual saat asam lambung naik, cobalah untuk meninggikan posisi kepala Anda saat sedang berbaring atau tidur. Sebab posisi ini dapat membantu mencegah naiknya asam lambung menuju kerongkongan yang dapat memperburuk rasa mual.

9. Minum obat

Kemudian, utuk menghilangkan mual saat asam lambung naik secara cepat dan efektif, Anda dapat mengonsumsi obat antiemetik. Obat ini akan bekerja dengan melindungi lapisan lambung sehingga mampu meredakan mual saat asam lambung naik.

Itulah cara mengatasi asam lambung naik, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co