Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Aktifkan Bandara Gatot Subroto Way Kanan, Akses OKU Raya Terbuka

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Aktifkan Bandara Gatot Subroto Way Kanan, Akses OKU Raya Terbuka

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni aktifkan Bandara Gatot Subroto Way Kanan, Akses OKU Raya terbuka.-Foto: dok/lahatpos.co-

JAKARTA, Lahatpos.co – Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni aktifkan Bandara Gatot Subroto Way Kanan, akses OKU Raya terbuka. Pj Gubernur Sumsel yang juga sekaligus sebagai Dirjen Bina Keuangan Daerah  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni, memimpin Rapat Tindak Lanjut Terkait Pembahasan Pengoperasian dan Penganggaran Bandara Gatot Subroto Way Kanan di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI), Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024). 

Keberadaan Bandara Gatot Subroto Way Kanan sangat diperlukan oleh Provinsi Lampung dan Sumsel khususnya bagi OKU Raya meliputi Kabupaten OKU Timur, OKU, OKU Selatan.

Fatoni mengatakan dua provinsi tersebut telah sepakat mengaktifkan Bandara Gatot Subroto Way Kanan sebagai bandara komersil. 

Menurutnya, pengaktifan bandara tersebut akan berdampak positif terhadap daerah sekitar mulai dari peningkatan pertumbuhan ekonomi, pariwisata, interkoneksi wilayah kawasan, percepatan arus mobilitas barang dan jasa.  

"Kalau kita lihat sekilas Bandara Gatot Subroto Way Kanan ini sudah diresmikan dan juga pernah beroperasi pada tahun 2019 kemudian ada penerbangan saat itu, namun saat ini tidak ada penerbangan," kata Fatoni.

Menurutnya, dukungan pemerintah daerah terhadap operasional bandara ini sangatlah luar biasa. Ini dibuktikan dengan pembahasan penandatanganan nota kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU).

“Bahkan PKS-nya sudah disepakati. Ini sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah baik yang ada di Sumsel dan Lampung,” tambahnya.

Fatoni mengatakan jika sudah beroperasi nantinya bandara ini akan melayani penerbangan dengan rute Gatot Subroto-Jakarta, Gatot Subroto-Lampung dan Gatot Subroto-Palembang.

"Kalau untuk jarak, antara Bandara Gatot Subroto dari Kabupaten OKU Timur sejauh 8 KM, OKU Selatan sejauh 44 KM dan dari Kabupaten OKU sejauh 48 KM," katanya.

Kemudian, berdasarkan komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan pengoperasian Bandara Gatot Subroto menjadi bandara komersil terdapat dua hal yang perlu dilakukan. 

Pertama, komitmen untuk memastikan dukungan pemerintah daerah seperti penandatanganan MoU dan PKS-nya sudah ada. Sedangkan komitmen kedua dari sisi anggaran kedua provinsi yang telah dipersiapkan juga infrastruktur dan sarana prasarana yang mendukung.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya menilai pengoperasian bandara Gatot Subroto ini akan berdampak baik bagi wilayah sekitar.

"Mudah-mudahan  harapan baik kami ini akan  terwujud," tutupnya.

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) OKU Selatan Rahmatullah yang mendukung penuh pengaktifan penerbangan komersial Bandara Gatot Subroto. Ini dikarenakan akan memberikan dampak yang baik bagi pariwisata OKU Selatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: