Lahat Peringati HAB Kemenag ke 78, ini Pesan Menteri Agama Bagi Jajaran Kementerian Agama

Lahat Peringati HAB Kemenag ke 78, ini Pesan Menteri Agama Bagi Jajaran Kementerian Agama

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lahat H Santoso SPdI MM memberikan tropi kepada pemenang perlombaan dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke 78 tahun.-Foto: dok/lahatpos.co-

Lahatpos.co - Lahat peringati HAB Kemenag ke 78, ini pesan Menteri Agama bagi jajaran Kementerian Agama. Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi menjadi Pemimpin Apel memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke 78 tahun. Kegiatan yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lahat ini berlangsung di Gedung Serbaguna MAN 1 Lahat, Rabu 3 Januari 2024. 

Hadir juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lahat H Santoso SPdI MM, Unsur Forkopimda Lahat, Pimpinan Pondok Pesantren, Baznas Lahat, dan jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lahat. 

Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi menyampaikan sambutan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 tahun.  


Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi menyampaikan sambutan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) ke-78 tahun. -Foto: dok/lahatpos.co-

Dikatakannya, kita telah memasuki tahun 2024. Setiap tahun baru, setiap insan Kementerian Agama memiliki makna baru. 

Kementerian Agama dilahirkan pada awal tahun, yakni 3 Januari. Tepatnya 3 Januari 1946. Artinya, setiap memasuki tahun baru, kita harus memiliki spirit ganda yang muncul dari pergantian tahun dan peringatan hari lahir Kementerian Agama. Spirit ganda ini harus diwujudkan dalam bentuk amal bakti yang semakin mendalam dan paripurna. 


Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi memberikan tropi kepada pemenang perlombaan dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke 78 tahun.-Foto: dok/lahatpos.co-

Hari amal bakti tentu tidak sekedar sebuah nama, tetapi di dalamnya terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kita kepada seluruh umat beragama. 

“Pada peringatan hari amal bakti ke-78 Kementerian Agama ini, saya mengajak kita semua untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan kita mewujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama,” ujarnya.

Kementerian Agama memiliki tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama dan pendidikan keagamaan. Tugas Kementerian Agama tidaklah ringan. Diantara tugas berat kita adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional. Tugas berat ini dilaksanakan diantaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama. 

Selain itu, kita juga memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama. Bekal pendidikan agama yang moderat adalah pondasi kokoh dalam mewujudkan kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan. 

Melalui berbagai program reguler dan tujuh program prioritas Kementerian Agama, kita terus bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang dimandatkan kepada kita semua. Penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, kemandirian pesantren, cyber islamic university, religiousity index, tahun kerukunan umat beragama adalah ikhtiar dalam memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat. 

Hasilnya sudah mulai terlihat. Moderasi beragama sudah menjadi napas dalam setiap derap langkah insan beragama. Transformasi digital terlaksana di seluruh satuan kerja Kementerian Agama dan lembaga-pendidikan keagamaan. 

KUA sudah bertransformasi menjadi semakin baik dalam memberikan layanan. Pesantren pesantren mulai menapaki fase kemandirian dalam amal usaha dan ekonomi. Cyber university sudah on the track. Kerukunan umat beragama pun semakin meningkat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: