Tips dan Trik Hemat Pemakaian Data, Buat Kuota Internetmu Panjang Umur

Tips dan Trik Hemat Pemakaian Data, Buat Kuota Internetmu Panjang Umur

foto Hanya ilustrasi-Sumber Foto : Google-LAHATPOS.CO

Lahatpos.co – Mengatasi kuota internet cepat habis.

Cara yang akan kita bagikan ini cukup banyak dicari orang lain, kuota internet yang biasanya cepat habis bisa kita atasi dengan tips dan trik berikut ini.

Seperti yang dikethaui, kebutuhan akan internet hampir sama dengan kebutuhan pokok yang harus kita penuhi walau kadang berlebihan.

Nah melalui tips dan trik berikut ini kuota internetmu akan panjang umur alias tidak mudah habis, penasaran kan ?

Berikut informasi lengkapnya

1. Membatasi Penggunaan Data

Salah satu cara untuk menghemat kuota internet adalah membatasi penggunaan data. Caranya cukup mudah dengan menyetel pembatasan pemakaian data yang memang telah ada di smartphone Android.

Kamu dapat melakukannya langsung melalui menu Settings di Android. Dengan cara ini, saat konsumsi data mendekati batas yang sudah ditentukan, kamu akan langsung mendapat peringatan agar tak melebihi batas.

2. Update Aplikasi Hanya Lewat Wi-Fi

Memperbarui aplikasi merupakan salah satu cara untuk membuat perangkat makin optimal. Alasannya, pembaruan tersebut biasanya berisi fitur-fitur terbaru atau solusi dari masalah yang ada di aplikasi.

Tak jarang, pembaruan ini biasanya memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga menguras kuota internet yang dimiliki. Karenanya, gunakan opsi pembaruan dengan Wi-Fi agar konsumsi data tidak berlebihan.

3. Matikan Data Saat Tidak Terpakai

Saat smartphone sedang tidak dipakai, ada baiknya kamu matikan jaringan internet yang sedang aktif. Sebab, ada beberapa aplikasi yang masih aktif dan berjalan di belakang (background), sehingga masih mengonsumsi kuota internet.

Untuk itu, agar kuota internet tidak tersedot ke aplikasi yang sedang berjalan, kamu dapat mematikannya terlebih dulu. Dengan melakukan ini, selain menghemat kuota internet, kamu juga dapat menghemat konsumsi baterai.

4. Mengaktifkan Fitur Data Saver di Chrome

Pengguna Android pasti sudah tidak asing dengan Chrome untuk berselancar di dunia maya. Nah, bagi kamu yang tidak ingin banyak menghabiskan kuota internet, Chrome sudah hadir dengan fitur Data Saver.

Bagi kamu yang tertarik menggunakannya, tinggal membuka Chrome lalu pilih menu Settings yang dapat diakses dari pojok kanan atas. Lalu, buka Data Saver dan aktifkan fitur Data Saver.

 

Itulah tips dan trik Mengatasi kuota internet cepat habis, semoga bermanfaat.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co