Lakukan Hal Kecil Sederhana Tapi Sungguh Sangat Dapat Dilakukan Dengan Gembira

Lakukan Hal Kecil Sederhana Tapi Sungguh Sangat Dapat Dilakukan Dengan Gembira

Motivasi dari Ketua TPS 3R Masda Jaya Desa Arahan --

LAHATPOS.CO, Merapi barat  - Lakukan Hal Kecil Sederhana Tapi Sungguh Sangat Dapat Dilakukan Dengan Gembira. Dan lakukanlah dimulai dengan diri kita.

Demikian ungkapan motivasi dari Ketua TPS 3R dan Bank Sampah Harapan Desa Arahan Kecamatan Merapi Timur Herdiansyah saat menyampaikan sambutan sekaligus memberikan  motivasi dalam Sosialisasi Program Kampung Iklim dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat di Desa Payo Kecamatan Merapi Barat. Jumat 8 Desember 2023.

Hal ini disampaikannya untuk memberikan motivasi kepada ibu-ibu PKK Desa Payo yang saat akan memulai kembali Bank Sampah di Desa Payo Kecamatan Merapi Barat.

Dirinya mengatakan bahwa didesa lain yang tidak ada perusahaan untuk mendukung itu saja bisa, nah kenapa di desa kita tidak bisa , itu karena kita melakukan nya tidak dibungkus dengan baik.

Selain itu sambung nya ,kegiatan ini tentu tidak akan berjalan baik jika kita juga berjalan sendiri sendiri tapi lakukanlah secara bersama-sama.

Dalam kesempatan itu Herdiansyah juga memberikan motivasi terkait aktifitas sehari-hari di Bank Sampah.

"Bank sampah merupakan hal setiap hari selalu berhubungan dengan sampah yang berkecimpung dalam pengelolaan sampah dan  tentunya akan kita tidak boleh "jijik" kalau kita jijik maka sampah tersebut tidak akan menjadi sesuatu" ujarnya.

"Padahal sampah itu berasal dari kita dan kita sendiri sebenarnya yang menghasilkan sampah itu"

Jadi nikmatilah proses yang kita lakukan jika kita nikmati maka sesuatu yang menjijikkan itu tidak akan terasa jijik.

Sehingga kita harus dapat melakukan hal kecil sederhana tapi sungguh sangat dapat dilakukan dengan dembira " ajaknya.

Sementara tim Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat yang diwakili Kabid Penataan dan PKLH Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat Siti Zaleha ST.MT menjelaskan terkait program Kampung Iklim yang dilaksanakan oleh DLH Kabupaten Lahat.

Menurutnya dalam pelaksanaan sosialisasi Kampung Iklim ini sebagaimana yang telah diamanahkan oleh Bupati Lahat Cik Ujang beberapa waktu lalu yaitu kita punya target pada tahun 2025 mendatang sebanyak 149 desa dari 360 desa di Kabupaten Lahat ini dapat masuk dalam pembinaan Kampung Iklim" Terangnya.

"Jadi ada sekitar 30 persen desa di Kabupaten Lahat bisa masuk dalam program Kampung Iklim"

Selain itu Siti Zaleha juga menyampaikan bahwa tujuan program Kampung Iklim ini bertujuan untuk program penurunan gas emisi rumah kaca.

"Sehingga kita ditarget dalam setiap tahun bisa mengurangi kenaikan suhu sebesar 2 derajat celcius"

Dalam program Kampung Iklim ada 3 program penilaian yang dilakukan yang pertama Kelembagaan, Adaptasi dan Mitigasi.

Nah tujuan dilaksanakan program Kampung Iklim ini di desa atau di Kelurahan sampai di lingkungan RW
karena pemerintah mengingkan program Kampung Iklim ini dimulai dari level tapak ( level yang paling bawah ) sehingga Pemkab Lahat sangat mendukung program tersebut sehingga pengelolaan lingkungan bisa dilaksanakan seefektif dan seefisien mungkin sehingga dapat menyentuh pada akar masalah tersebut"

Di tambahkan Siti, Jika Program Kampung Iklim ini disingkronkan dengan Dana Desa maka semua elemen dalam program penilaian Program Kampung Iklim ini baik di Kelembagaan, Adaptasi dan Mitigasi semua itu sejalan dengan program yang ada di Dana Desa " Tuturnya.

Kegiatan sosialisasi Proklim isi oleh nara sumber yang berkompeten dibidangnya yaitu Ibu Nara dari Jakarta sebagai nara sumber, kemudian Irban 1 Inspektorat Kabupaten Lahat Adismansyah dan ketua TPS 3R Masda Jaya Herdiansyah  (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: