Kado Akhir Tahun, PLN UID S2JB Raih Penghargaan ISDA atas Kontribusi Pemberdayaan Perempuan

Kado Akhir Tahun, PLN UID S2JB Raih Penghargaan ISDA atas Kontribusi Pemberdayaan Perempuan

Kado akhir tahun, PLN UID S2JB raih penghargaan ISDA atas kontribusi Pemberdayaan Perempuan melalui Pempek Balap Jambi.--

Pempek balap jambi mendapatkan pelatihan pasteurisasi produk makanan basah dan frozen food sekaligus diberikan peraatan pasteurisasi dan packaging, serta gerobak listrik sebagai outlet keliling. 

Selain itu, melalui Rumah BUMN Jambi, PLN UID S2JB memberikan pelatihan dan knowledge sharing pemasaran melalui sosial media dan marketplace. 

Tahun 2022, Pempek Balap Jambi berhasil naik kelas dan mendapatkan Sertifikasi Halal.

Karena berhasil menjalankan program tahap pertama, kami dipercaya kembali oleh PLN UID S2JB untuk menerima bantuan peralatan dan pelatihan pemasaran. 

Tentu saja kesempatan ini kami manfaatkan sebaik mungkin agar tidak mengecewakan PLN yang sudah memberikan percayaan. 

Alhamdulillah Pempek Balap Jambi berhasil menjadi UMKM naik kelas diiringi dengan peningkatan keterlibatan masyarakat, khususnya perempuan. 

“Dari 25 orang di tahun 2021 menjadi 45 di tahun 2022, peningkatan tenaga kerja yang mendapatkan skill dari 5 orang di tahun 2021 menjadi 15 orang di tahun 2022, hingga peningkatan omset dan penjualan” imbuh Maya.

Tahun 2023, PLN UID S2JB menjalankan program exit strategy untuk menuju pada kemandirian usaha. 

Secara kelembagaan, Pempek Balap Jambi juga telah memiliki sertifikat merek, sertifikat halal, bahkan berhasil berdiri sebagai Perusahaan Terbuka (PT). 

PLN UID S2JB kerap melibatkan Pempek Balap Jambi dalam berbagai pameran UMKM baik lokal ataupun nasional. 

Usaha Pempek Balap Jambi telah mengalami peningkatan penjualan hingga lebih dari 228%, dan peningkatan omset usaha hingga lebih dari 229%. 

Hasil studi skor Social Return on Investment (SROI) memberikan nilai SRoI 13,4 yang berarti bahwa setiap Rp.1 yang diinvestasikan akan menghasilkan benefit sebesar Rp. 13,4 dengan kriteria layak.

Senior Manager Keuangan, Komunikas, dan Umum PLN UID S2JB, Setiadi, mewakili General Manager, mengatakan penghargaan ini menjadi pemecut semangat bagi PLN UID S2JB untuk berinovasi menjalankan program TJSL yang memberikan dampak signifikan bagi peningkatan sosial, ekonomi, dan lingkungan.

“Prestasi ini menjadi kado akhir tahun sekaligus pemecut semangat kami untuk menciptakan Creating Share Value (CSV) yang memberi manfaat atau nilai tambah kepada perusahan, serta memberikan dampak yang signifikan bagi peningkatan sosial, ekonomi, dan lingkungan” pungkas Setiadi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: