Pj Gubernur Agus Fatoni Buka Rakor Daerah Sensus Pertanian BPS Provinsi Sumsel Tahun 2023

Pj Gubernur Agus Fatoni Buka Rakor Daerah Sensus Pertanian BPS Provinsi Sumsel Tahun 2023

Pj Gubernur Agus Fatoni Buka Rakor Daerah Sensus Pertanian BPS Provinsi Sumsel Tahun 2023.-Foto: dok/lahatpos.co-

“Sensus Pertanian 2023 diupayakan juga untuk memperbaiki data pertanian yang ada,” jelas Fatoni.

Berdasarkan hasil Sensus Pertanian 2023 menunjukkan adanya peningkatan jumlah rumah tangga pertanian di Sumatera Selatan dibandingkan dengan Sensus Pertanian 2013. 

Fatoni menilai peningkatan tersebut  merupakan pertanda baik, artinya masyarakat sudah mulai kembali meminati pertanian yang merupakan satu-satunya sektor yang mampu bertahan di kala pandemi.

"Seperti diketahui, sektor pertanian merupakan penyumbang terbesar ketiga perekonomian Sumatera Selatan. Pertambangan dan industri dengan kontribusi sebesar 13,23 persen dan hampir sepertiga penduduk Sumsel menggantungkan hidupnya di sektor pertanian," kata Fatoni.

Fatoni menegaskan, Sumsel bukan hanya sebagai lumbung pangan nasional, di sektor pertanian Sumsel memiliki banyak potensi pertanian lainnya seperti karet, kopi dan kelapa sawit. 

Terakhir, Fatoni mengingatkan agar Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) terus dimasukkan sebagai upaya pengendalian inflasi di Sumsel.

"Saya harap Sumsel Mandiri Pangan terus dilakukan agar inflasi tetap stabil. Dalam memasarkannya juga kita butuh semua pihak berperan aktif mengedukasi masyarakat untuk memenuhi bahan pokoknya sendiri," tegasnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, di antaranya Kepala BPS Sumsel Wahyu Yulianto, Ketua Tim Produksi BPS Sumsel Sukerik serta Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumsel dan pejabat lainnya.

Desa Penerima Penghargaan Desa Cantik Tahun 2023

Selamat, Desa Gedung Agung Merapi Timur Lahat Terima Penghargaan Desa Terbaik Desa Cantik se Sumsel.

Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, menerima penghargaan sebagai desa terbaik Desa Cantik tahun 2023.

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memberikan kepada 6 desa dan satu kelurahan se-Sumsel sebagai desa terbaik desa cantik.

Salah satunya, Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur.

Kabar ini diperoleh dari pihak BPS Kabupaten Lahat kepada Lahatpos.co, Senin, 4 Desember 2024.

Pada acara Rapat Koordinasi Daerah Sensus Pertanian 2023 Provinsi Sumatera Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: