Formasi PPPK Diprioritaskan Warga Lahat

Formasi PPPK Diprioritaskan Warga Lahat

Bupati Lahat H Cik Ujang SH.--

LAHATPOS.CO, Lahat - Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mengeluarkan surat edaran untuk pembatasan mutasi pegawai. Yakni Pembatasan Mutasi dalam jabatan fungsional dan tenaga kesehatan bagi PNS di lingkungan Pemkab Lahat.

Diungkapkan Kepala BKPSDM Lahat Drs Aries Farhan MSi bahwa surat edaran lantaran Aparatur Sipil Negara (ASN) PPPK merupakan prioritas. Selain itu PPPK tidak dapat mutasi. Sehingga jangan sampai formasi yang telah disetujui oleh Kemenpan- RB tahun 2023 untuk Kabupaten Lahat tiba- tiba diisi oleh PNS yang melakukan mutasi. Untuk itu OPD agar lebih selektif melakukan mutasi pegawai. Jangan sampai terjadi tumpang tindih.

"Baik itu mutasi masuk instansi. Maupun mutasi antar unit kerja dalam satu intansi. Misal mutasi perawat puskesmas A ke puskesmas B. Ditakutkan posisi yang diisi nantinya akan diisi oleh formasi PPPK yang akan diseleksi nanti," bebernya.

Sementara untuk tahun 2023, Pemkab Lahat kembali membuka seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) guru 2023. Yakni untuk formasi tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. 

Dijelaskan Bupati Lahat H Cik Ujang SH, bahwa Kabupaten Lahat dapat kuota formasi PPPK tahun 2023. Untuk formasi PPPK tahun 2023 di Kabupaten Lahat yakni guru 559, tenaga kesehatan 1.654 dan tenaga teknis sebanyak 173 orang dengan total keseluruhan 2.386. 

Tambahnya, bahwa usulan formasi PPPK ini diajukan untuk diprioritas warga Kabupaten Lahat. Bukan dari luar daerah. "Diajukan untuk wong Kabupaten Lahat, dan sudah honor selama ini," ujarnya. 

Sebelumnya untuk formasi 2022, sebanyak 894 Aparatur Sipil Negara (ASN) PPPK Guru yang telah lulus dilantik oleh Bupati Lahat, H Cik Ujang SH tangga 25 Juli 2023. Jumlah total pegawai PPPK terdiri dari 196 pegawai laki-laki dan 698 pegawai perempuan, dengan rincian 4 pegawai untuk TK Negeri, 650 pegawai untuk SD Negeri, dan 240 pegawai untuk SMP Negeri. Pelantikan para guru PPPK tersebut merupakan bagian dari formasi PPPK Guru tahun 2022, di mana dari 1204 peserta, 894 orang lulus.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: