Wajib Kamu Praktekan, inilah Waktu Sedekah Yang Paling Utama Dalam Islam

Wajib Kamu Praktekan, inilah Waktu Sedekah Yang Paling Utama Dalam Islam

Foto Hanya Ilustrasi-Sumber foto Google-Lahatposco

Lahatpos.co - Sedekah merupakan amalan yang sangat disukai oleh Allah SWT, bahkan Rasulullah SAW dalam banyak hadist berulang ulang menganjurkan umatnya untuk senantiasa bersedekah kepada yang lebih membutuhkan.

Meski faktanya Tidak ada batasan untuk melakukan sedekah namun ada waktu-waktu tertentu yang dikatakan sebagai waktu paling utama untuk bersedekah.

Banyak orang yang masih belum tahu waktu sedekah paling utama. 
Bagi kamu umat muslim wajib baca artikel hingga selesai agar tidak salah paham, dilansir dari berbagai sumber inilah Waktu Sedekah Yang Paling Utama Dalam Islam.

Saat Sehat
Yang pertama waktu sedekah paling utama adalah saat dalam kondisi sehat. Ketika seseorang dalam kondisi sehat, ia akan mampu mengerjakan banyak hal bahkan berambisi untuk mengejar hal-hal yang sifatnya duniawi termasuk bekerja mencari nafkah.

Tak jarang orang yang tubuhnya sehat dan bersemangat atau berambisi untuk mencari nafkah dan hal-hal yang bersifat duniawi ini lantas membuatnya lalai untuk beribadah. Karena itu, waktu yang paling utama untuk mengeluarkan sedekah adalah di saat-saat seperti ini.

Ambisinya untuk mengejar duniawi akan sedikit ditekan sehingga ia bisa meluangkan waktu untuk mengerjakan Ibadah sedekah selain ibadahnya dalam mencari nafkah yang sifatnya juga duniawi.

Memang umumnya melakukan sedekah di saat kondisi sehat dan sedang berambisi untuk mengejar duniawi ini sangat sulit. Dibutuhkan keikhlasan yang penuh untuk melakukan sedekah di saat-saat seperti ini.

Maka tak heran jika pada saat kondisi sehat inilah mengeluarkan sedekah jadi lebih utama. Meskipun di saat sakit pun seseorang bisa melakukan sedekah, namun tingkat kesulitan untuk mengeluarkan sedekah dengan keikhlasan penuh adalah disaat kondisi masih sehat.

Itulah mengapa mengeluarkan sedekah di saat sehat lebih utama dibandingkan sedekah di waktu sakit.

Di Waktu Subuh
Waktu utama sedekah yang kedua adalah di saat subuh. Tepat di waktu subuh, Allah memerintahkan Malaikat untuk membagikan rezeki ke seluruh umat manusia. Tentu ini menjadi waktu yang sangat baik untuk menyedekahkan sebagian harta.

Allah sendiri yang akan mengganti dan melipat gandakan rezeki yang sudah dikeluarkan untuk sedekah dengan ikhlas di waktu subuh. Selain itu, ternyata sedekah di waktu subuh ini punya keutamaan dan manfaat yang berbeda dengan waktu lain.

Pasalnya, ketika sedekah subuh seseorang bisa menyebutkan hajatnya apa saja. Tidak butuh waktu lama bagi Allah untuk mengabulkan hajat yang sudah disebutkan itu dengan berpatokan pada sedekah yang secara rutin.

Seseorang bisa menyebutkan satu hajat pada setiap sedekah yang dikeluarkan setiap harinya. Sedekah subuh ini bisa dilakukan dengan menyediakan celengan khusus yang bisa dipakai untuk mengumpulkan sedekah setiap harinya.

Kemudian di waktu tertentu jika sudah terkumpul banyak, bisa bagikan kepada orang miskin atau anak yatim. Jadi tidak perlu setiap selesai subuh mencari anak yatim atau orang miskin untuk diberi sedekah setiap harinya. Cara ini akan lebih mudah dilakukan.

Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzulhijjah). Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun.” (HR. Abu Daud, No. 2438)

 

Saat terjadi peristiwa menakutkan

Peristiwa menakutkan yang dimaksud di sini adalah seperti saat terjadinya gerhana dan peperangan. Bersedekah di saat-saat menakutkan tersebut menjadi waktu yang utama. Adapun gerhana merupakan bukti tanda kekuasaan Allah.
Bayangkan saja jika gerhana ini tidak bisa kembali seperti pada normalnya, lantas dunia menjadi gelap dan menakutkan. Tentu semua umat muslim yang paham akan kondisi ini akan merasa cemas dan khawatir bercampur takut pada kekuasaan Allah ini.

Perasaan takut yang dirasakan umat manusia inilah yang menjadikan gerhana sebagai waktu sedekah paling utama karena bisa memberikan ketenangan hati bagi pemberi dan ketenangan pikiran bagi penerima.

Hal ini juga berlaku untuk kondisi peperangan yang tak jauh menakutkan. Bahkan, saat kondisi berperang pun terkadang masih ada orang yang ingin membawa lari harta bendanya. Bagi umat muslim beriman, keikhlasan sedekah dalam kondisi perang jadi keutamaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co