Pertama Kali di Lahat Selatan, Tanjung Payang Menggelar Pelatihan Ketahanan Pangan

Pertama Kali di Lahat Selatan, Tanjung Payang Menggelar Pelatihan Ketahanan Pangan

Pertama Kali di Lahat Selatan, Tanjung Payang menggelar Pelatihan Ketahanan Pangan.-Foto : dok/lahatpos.co-

LAHAT SELATAN, Lahatpos.co - Pemerintah Desa Tanjung Payang menggelar Pelatihan Ketahanan Pangan. Pelatihan ini baru pertama diadakan di wilayah Kecamatan Lahat Selatan Kabupaten Lahat.

Pelatihan Ketahanan Pangan diikuti oleh seluruh perangkat desa, BPD, karang taruna, kelompok tani, maupun masyarakat Desa Tanjung Payang.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Camat Lahat Selatan Edeales Pokal SSTP MM, Jumat, 12 November 2023.

Hadir juga Sekcam Lahat Selatan Jemi Saputra SSTP MM, Kasi Tapem Yuriko, PPL Desa Tanjung Payang Eko Distiowati SP, Kades Tanjung Payang Sapri, Babinsa Tanjung Payang Sertu Sawal, Bhabinkamtibas, maupun tokoh masyarakat.

Kades Tanjung Payang Sapri menyampaikan, Pelatihan Ketahanan Pangan sangat penting dilaksanakan, untuk menambah pola pikir peserta bagaimana memanfaatkan potensi yang ada di desa.

Seperti keberadaan air yang cukup di dusun tengah Desa Tanjung Payang berpotensi pembuatan kolam ikan. 

Lahan yang tersedia dapat ditanami sayur, maupun pangan yang lainnya.

Dalam pelatihan ketahanan pangan ini peserta mendapatkan materi ketahanan pangan secara teori dari narasumber yang berkompeten di bidangnya.

Selain itu, peserta juga praktek langsung dengan cara berkunjung dan studi banding ke desa yang telah berhasil mengembangkan kolam pembibitan ikan dan hortikultura.

Sementara, Camat Lahat Selatan Edeales Pokal SSTP MM menyampaikan, Pelatihan Ketahanan Pangan salah satu program pemerintah desa yang bersumber dari anggaran dana desa.

Tujuan ketahanan pangan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatkan lahan dan pekarangan yang ada di sekitar masyarakat.

Seperti kolam ikan, penanaman padi, buah buah, sayur sayuran, maupun jenis hortikultura yang lainnya.

Menurut Edeales Pokal, ditengah kondisi dunia saat ini. Salah satunya peperangan di Palestina dan Israel. Dikhawatirkan akan berdampak pada perekonomian dunia.

Salah satu yang terkena dampak adalah ketahanan pangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: