Kamu Harus Baca, Sejarah, Makna Dan Tema Hari Pahlawan Yang Jatuh Pada Tanggal 10 November 2023

Kamu Harus Baca, Sejarah, Makna Dan Tema Hari Pahlawan Yang Jatuh Pada Tanggal 10 November 2023

Pahlawan nasional Indonesia-Sumber foto Google-Lahatposco

Lahatpos.co - Sejarah, Makna dan Tenat Hari Pahlawan Yang Jatuh Pada Tanggal 10 November 2023.

Banyak momen penting yang tercatat pada bulan November, salah satunya Hari Pahlawan yang jatuh pada bulan 10 November 2023.

Kata hari pahlawan sudah sering kita dengar selama ini, namun apakah kamu tauh sejarah hari pahlawan

Bagi warga Indonesia harusnya sudah tauh sejarah hari pahlawan. 

Karna ini merupakan pelajaran yang pasti kita lewati pada saat di bangku sekolah. 

Namun tidak ada salahnya kita mengingatnya lagi. 

Sebagai informasi Dikutip dari laman Kementerian Sosial (Kemensos), Hari Pahlawan 10 November ditetapkan pada tanggal 16 Desember 1959 melalui Keppres Nomor 316 Tahun 1959. Peringatan tersebut menjadi momentum untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari Indonesia.

 

Sejarah hari pahlawan 

 pada tahun 1945 terjadi pertempuran di Surabaya yang merupakan pertempuran besar antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris. Pertempuran ini merupakan perang pertama setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Bentrokan-bentrokan tersebut memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby yang merupakan pimpinan tentara Inggris untuk Jawa Timur, pada 30 Oktober 1945. Kematian Jenderal Mallaby kemudian membuat pihak Inggris marah kepada pihak Indonesia.

Mallaby kemudian digantikan oleh Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh.

Tepat pada tanggal 10 November 1945, Jenderal Eric mengeluarkan ultimatum yang meminta pihak Indonesia menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan pada tentara Inggris. Ia juga memerintahkan semua pimpinan bangsa Indonesia dan para pemuda di Surabaya harus datang selambat-lambatnya tanggal 10 November 1945, pukul 06.00 pagi pada tempat yang telah ditentukan.

Namun ultimatum itu tidak dilakukan oleh rakyat, sehingga terjadilah pertempuran hebat di Surabaya mulai hari itu hingga kurang lebih tiga minggu lamanya. Akibat pertempuran tersebut, seketika kota Surabaya menjadi "neraka".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co