Kreatif, Salah Satu Desa di Kabupaten Lahat Sudah Punya Mobil Damkar Mini, Ini Kegunaannya

Kreatif, Salah Satu Desa di Kabupaten Lahat Sudah Punya Mobil Damkar Mini, Ini Kegunaannya

Damkar mini milik pemerintah Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat --

LAHATPOS.CO, Merapi timur - Kreatif serta Inovatif untuk salah satu desa di Kabupaten Lahat ini. Tepatnya di Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, yang kini sudah punya mobil pemadam kebakaran (Damkar) mini.

Mobil pemadam kebakaran mini ini merupakan mobil kebakaran milik pemerintah Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat yang akan difungsikan untuk pertolongan pertama jika terjadi musibah di sekitar desa.

Kepada lahatpos.co Senin 6 November 2023 Kepala Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur Frengki mengatakan, Alhamdulillah saat ini Desa Gedung Agung sudah punya mobil pemadam kebakaran mini (Damkar Mini).

Dirinya menjelaskan fungsi dari mobil pemadan kebakaran mini milik desa ini adalah untuk pertolongan pertama jika sewaktu-waktu terjadi musibah kebakaran yang melanda di sekitar desa.

"Bukan hanya di Desa Gedung Agung saja, bahkan jika ada kebakaran di Desa tetangga mobil Damkar mini ini juga siap untuk difungsikan untuk pertolongan pertama" katanya.

"Mobil Damkar mini ini di rangkai dengan cukup sederhana dengan menggunakan mobil mini bus dengan bak bagian belakang di kosongkan serta dipasang dengan tangki air yang terbuat dari plat besi serta bisa menampung kapasitas air sampai 1.500 liter" Ujar Frengki.

Dengan menggunakan mesin yang cukup mini namun mampu memberikan tekanan air yang cukup kencang.

" Ya jangkauan semprotan air dengan mesin ini cukup jauh, ya sekitar lebih kurang 10 meteran,ya cukuplah untuk sekelas mobil Damkar mini di desa" ujarnya

"Namun tentunya masih ada kekurangan yang masih perlu di lengkapi dan masih akan di tambah lagi kelengkapan yang masih kurang seperti selang juga akan di tambah, yang saat ini baru tersedia sekitar 100 meter kemungkinan akan ditambah lagi.

Serta masih akan ditambah perlengkapan lainnya seperti pakaian khusus pemadam kebakaran juga helm dan sepatu untuk menunjang kegiatan mobil Damkar ini"

"Selain itu warna juga masih kurang karena direncanakan semua akan di cat dengan warna merah, akan kita buat semirip mungkin dengan mobil pemadam pada umumnya"

Frengki menyebut, Selain untuk pertolongan pertama dengan dengan Damkar mini ini akan lebih memudahkan untuk menjangkau tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh Damkar yang ada karena Damkar mini ini di desain khusus untuk tempat atau jalan yang sempit sehingga dapat di jangkau dengan mudah " tutupnya (*)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: