Ada Museum Masuk Desa di Kabupaten Lahat, Ternyata Ini Tujuannya

Ada Museum Masuk Desa di Kabupaten Lahat, Ternyata Ini Tujuannya

Sosialisasi Museum Masuk Desa di Desa Lebak Budi Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat --

LAHATPOS.CO,Merapi barat -  Museum Negeri Sumatera Selatan adakan sosialisasi museum masuk desa.

Dari sosialisasi museum masuk desa ini di harapkan  agar masyarakat menyadari pentingnya  melestarikan peninggalan sejarah.Karena jika kita sebagai masyarakat tidak menyadari maka peninggalan sejarah itu akan akan musnah.

Demikian disampaikan kepala museum Negeri Sumatera Selatan H Chandra Ampriyadi,S.H saat mengunjungi Desa Lebak Budi Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat dalam mensosialisasikan museum masuk desa yang dilaksanakan di Desa Lebak Budi Kecamatan Merapi Barat, Sabtu 4 November 2023.

Menurutnya penting nya peran serta masyarakat dalam melestarikan peninggalan sejarah terutama peninggalan sejarah yang ada di desa-desa.

Karena kalau kita tidak menyadari maka sejarah ini akan hilang, akan musnah.

Sehingga dengan hilangnya peninggalan sejarah ini maka akan hilang juga beberapa sejarah dan beberapa generasi yang ada.

Sehingga dengan hilangnya sejarah yang ada maka kita akan kehilangan kearifan lokal yang ada di masyarakat"ujar Chandra.

Untuk tahun 2023 ini terang Chandra, tim museum Sumatera Selatan sudah mengunjungi dua tempat di Sumatera Selatan.Yang pertama di Desa Telang yaitu di Kabupaten Musi Banyuasin yang merupakan daerah peraiaan dan yang kedua adalah DesaLebak Budi Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat.

Beberapa tahun yang lalu juga sudah kami lewati beberapa desa  termasuk Desa Kedaton,Desa Sungai Pinang Dan Desa Makarti Jaya.

Dan kami ambil paling banyak setiap tahun dua kali untuk kegiatan sosialisasi museum masuk desa Ini.

Tidak sembarang, tentunya juga dalam memilih desa kami juga akan melihat desa-desa yang memiliki potensi nilai sejarah dalam desa tersebut.

Dan termasuk di sini di Desa Lebak Budi juga luar biasa, termasuk banyak juga  peninggalan sejarah  yang ada di desa Lebak Budi ini dan selama ini masih terpendam dan mungkin selama ini  masyarakat di desa sini banyak yang belum mengetahuinya bahwa desa Lebak Budi ini mempunyai nilai sejarah yang sangat besar dan luar biasa.

Termasuk salah satunya peninggalan di desa Lebak Budi ada tulisan aksara  yang ditulis di atas tanduk kerbau, ada juga tulisan aksara jawa di media/lempengan tembaga.

Dan ada Bambu yang dipercaya untuk menyimpan arwah, serta ada juga yang namanya Nampan Terbang.

Selain itu di Kecamatan Merapi area ini ada beberapa Marga yaitu Marge Tembelang Gedung Agung, Suka Puntang Merapi dan IV Suku Negeri Agung.

Sementara Kepala Desa Lebak Budi Susi Mariani mengapresiasi terhadap kegiatan sosialisasi museum masuk Desa yang dilaksanakan di Desa Lebak Budi.

"Kami mengucapkaan terima kasih dan mengapresiasi kepada tim museum masuk desa yang sudah memilih Desa Lebak Budi menjadi desa untuk mensosialisasikan museum masuk desa di Kabupaten Lahat"

"Tentunya kami akan mendukung semua program untuk  kemajuan Desa Lebak Budi,tentunya dalam melestarikan peninggalan sejarah yang ada di Desa Lebak Budi" ungkapnya.

Dalam kegiatan sosialisasi di isi dengan pemaparan materi tentang

Temuan Objek Diduga Cagar Budaya di Kecamatan Merapi Barat dalam Perspektif Sejarah dan Budaya kemudian Pengelolaan Objek Diduga Cagar Budaya di Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat, jejak perjuangan dan tokoh-tokoh pejuang revolusi nasional Indonesia dari Daerah Merapi, Lahat, Penyelamatan dan pengamanan benda cagar budaya,
Pemberdayaan masyarakat dalam usaha pelestarian benda cagar budaya, Pemaknaan terhadap isi Prasasti Tembaga dan Prasasti Ulu Temuan Desa Lebak Budi, Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat, serta upaya pengembangannya serta upaya pemanfaatan objek
diduga cagar budaya di Kecamatan Merapi Barat sebagai media pembelajaran oleh masing masing nara sumber yang hadir (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: