Bupati Cik Ujang : Santri Harus Gigih Asah Kemampuan, Lahat Peringati Hari Santri Nasional

Bupati Cik Ujang : Santri Harus Gigih Asah Kemampuan, Lahat Peringati Hari Santri Nasional

Bupati Cik Ujang : Santri harus gigih asah kemampuan, Lahat peringati hari santri nasional.-Foto : dok/lahatpos.co-

LAHATPOS.CO, Lahat - Bupati Lahat H Cik Ujang SH mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional merupakan sebuah momen penuh makna dalam perjalanan Bangsa Indonesia. 

Menurutnya, Hari Santri juga mengenang, menghormati sehingga peran serta kontribusinya sangat penting bagi bangsa dan agama. 

"Mereka (santri) adalah pilar kekuatan bangsa, dalam peradaban dan menjaga kearifan lokal serta menjaga perdamaian dunia," kata H Cik Ujang, Sabtu 28 Oktober 2023. 

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Lahat dengan penuh kebatinan, bahwa peran pondok pesantren (Ponpes), tentunya membuat semuanya menjadi prioritas utama untuk memperkuat integritas dunia pendidikan.

Oleh sebab itulah, para pengasuh Ponpes sama-sama menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan toleransi beragama di Kabupaten Lahat biar lancar.

Ia berharap, agar sekiranya kepada para santri untuk terus gigih mengasah kemampuan, keterampilan dan wawasan kebangsaan untuk memajukan Bangsa Indonesia meneruskan warisan yang ditinggalkan pemimpin sebelumnya.

"Nah, santri inilah menjadi salah satu cara untuk mengajari masyarakat kedepannya, dalam membimbing warga untuk bisa melek Al-Qur'an," harap H Cik Ujang.

Sementara Wakil Ketua Umum MUI Pusat, KH Marsudi Syuhud dalam tausiyahnya menyampaikan, Hari Santri dimeriahkan di Kabupaten Lahat ini digandeng dengan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Hari Santri oleh Presiden ditetapkan setiap tanggal 22 Oktober. Rasulullah mengajari seluruh umatnya mengajari seluruh aspek kehidupan, termasuk didalamnya mengatur sebuah negara dan pemerintahan," sampaiannya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: