Faktor Pendukung Desa Arahan Kecamatan Merapi Timur Lahat Terima Penghargaan Proklim Utama dari Menteri KLHK

Faktor Pendukung Desa Arahan Kecamatan Merapi Timur Lahat Terima Penghargaan Proklim Utama dari Menteri KLHK

Faktor pendukung Desa Arahan Kecamatan Merapi Timur Lahat terima penghargaan Proklim Utama dari Menteri KLHK.-Foto : dok/lahatpos.co-

LAHATPOS.CO, Merapi Timur - Ada tiga faktor pendukung terpilihnya Desa Arahan Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat memperoleh penghargaan Desa Proklim tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Tiga faktor pendukung Desa Arahan adalah faktor penilaian Adaptasi, Mitigasi, dan Kelembagaan.

Kades Arahan Isharudin melalui Sekretaris Desa Yanti mengungkapkan, satu persatu tentang adaptasi, mitigasi, dan kelembagaan.

Faktor pertama Adaptasi merupakan perubahan iklim (Proklim) adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan iklim. 


--

Peluang yang ditimbulkan dapat dimanfaatkan. Misalkan mengantisipasi banjir bisa dibuatkan biopori, membuang sampah pada tempatnya.

Adapun untuk mengantisipasi kekeringan bisa dengan adanya program sumur bor.

Adapun faktor yang kedua Mitigasi adalah lebih kepada penanggulangan. 

Misalnya, sampah diangkut dan dikelola di Bank Sampah.

Mitigasi bisa juga sampah tersebut dijadikan kerajinan serta bisa dimanfaatkan menjadi pupuk organik dan menjadi nilai tambah.

Dan yang ketiga adalah Kelembagaan, yaitu faktor pendukung terlaksananya dari adaptasi dan mitigasi.

Termasuk juga faktor pendukung yaitu dari organisasi pemerintah desa, struktur Bank Sampah, BUMDes, TP PKK, LAD, LPM, dan kelompok tani.

Sementara itu Ketua TPS 3R / Bank Sampah Harapan Desa Arahan Herdiansyah kepada lahatpos.co mengungkapkan rasa syukur dan bahagia serta bangga atas penghargaan Proklim Utama yang diraih Desa Arahan.

Rasa bahagia dan bangga atas penghargaan Proklim Utama. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: