Desa Pertama di Kabupaten Lahat Yang Programkan Budidaya Belut

Desa Pertama di Kabupaten Lahat Yang Programkan Budidaya Belut

Foto bersama pelatihan budidaya Belut di gedung serbaguna Desa Lebak Budi Kecamatan Merapi Barat --

LAHATPOS.CO, Merapi barat  - Desa di Kecamatan Merapi Barat ini merupakan desa pertama yang menjalankan program ketahanan pangan dengan budidaya Belut.Dan ternyata Budidaya Belut itu tidak susah jika kita mengerti tehnik budidaya nya dan yang terpenting adalah serius dalam menjalankan Budidaya Belut ini.

Hal ini disampaikan Penyuluh Perikanan Kabupaten Lahat untuk wilayah kerja Kecamatan Merapi Barat Hari Widodo,S.St.Pi didampingi Akmad Azir, S.Pi saat menyampaikan materi pelatihan tentang Budidaya Belut di gedung serbaguna Desa Lebak Budi Kecamatan Merapi Barat Senin, 16 Oktober 2023.

Menurut  Hari Widodo ada beberapa hal yang perlu diperhatian dalam Budidaya Belut ini karena menurutnya yang membuat agak repot adalah tahap pertama yaitu persiapan untuk media budidaya nya di tahap awal  seperti persiapan Jerami, pohon pisang yang sudah kering, tanah sawah dan pupuk kandang".

"Kita sangat mengapresiasi kegiatan Budidaya Belut oleh kelompok tani Desa Lebak Budi bahkan jika program budidaya Belut ini berhasil maka Desa Lebak Budi merupakan desa pertama di Kabupaten Lahat yang melaksanakan budidaya Belut karena di tempat lain belum ada desa yang melaksanakan budidaya Belut".

"Apalagi kegiatan ini merupakan program ketahanan pangan dengan menggunakan Dana Desa".

"Bahkan jika berhasil maka Desa Lebak Budi akan menjadi contoh  bagi desa-desa lainya dan bukan hanya mengangkat nama Desa Lebak Budi saja tapi jika berhasil maka akan mengangkat nama Kabupaten Lahat".

Dan menurut paparan dari Hari Widodo dirinya menyebut bahwa budidaya Belut ini tergolong murah jika dibandingkan dengan budidaya ikan.

"Berbeda dengan budidaya ikan, untuk budidaya Belut ini kolam yang digunakan berukuran relatif lebih kecil dan bisa menggunakan media kolam semen atau terpal  atau juga drum/gentong yang tidak membutuhkan tempat yang luas,disamping itu juga dalam pemberian pakan untuk budidaya Belut ini dalam sehari cukup hanya memberi pakan satu kali saja yaitu di waktu sore hari"

"Semoga program ini bisa berjalan dan berhasil sehingga bisa menjadi contoh bisa jadi bahan desa lainnya untuk meniru kita dan semoga yang kita rencanakan bisa berhasil sesuai dengan apa kita yang rencanakan"tutupnya.

Sementara itu Kepala Desa Lebak Budi melalui  Sekretaris Desa Angga Fernandes SE  mengharapkan agar program budidaya Belut ini bisa berhasil dan bisa bermanfaat terutama bagi anggota kelompok tani.

Serta kami juga berharap agar program budidaya Belut ini bisa berhasil kami  berharap kepada seluruh  anggota kelompok tani bisa benar-benar serius dan kompak untuk menjalankan program ini.

Jangan sampai hanya semangat di depan saja dan jika program ini berhasil makan yang akan untuk anggota kelompok kita sendiri.
Dan jika seandainya tidak berhasil pun kita harus introspeksi mungkin ada kesalahan dari diri kita sendiri sebagai pengelola yang harus di rubah "pungkasnya (*).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: