Stop Karhutla di Empat Lawang Jangan Buang Puntung Rokok Sembarangan

Stop Karhutla di Empat Lawang Jangan Buang Puntung Rokok Sembarangan

Stop karhutla di Empat Lawang jangan buang puntung rokok sembarangan.-Foto : dok/lahatpos.co-

Empat Lawang, Lahatpos.co - Stop kebakaran hutan dan lahat (kahutla) di Kabupaten Empat Lawang. Jangan membuang puntung rokok sembarangan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang melalui BPBD Kabupaten Empat Lawang, menghimbau kepada masyakat agar membuka lahan perkebunan jangan melakukan pembakaran.

Selain itu bagi yang merokok mohon kesadarannya. Jangan membuang puntung rokok sembarangan. 

“Sekarang ini lagu musim panas buang puntung rokok di semak-semak yang kering itu bisa terbakar," ungkap Kepala BPBD Empat Lawang Sarial Podril melalui Kabid Kesiap Siagaan Fahri, Selasa, 3 Oktober 2023.

Sejak periode September hingga Oktober ini dilanjutkannya, sudah beberapa kali terjadi kebakaran lahan. Jika ditotalkan luhas lahan yang tersebut mencapai lebih kurang 6 hektar.

Lebih kurang ada 6 titik lokasi kebakaran sejak September hingga Oktober ini. Paling luas itu di Desa Talang Tinggi Muara Pinang, lebih kurang 2 hektar. 

Kalau digelobalkan itu lebih kurang 6 hektar lahan yang terbakar sejak September - Oktober ini.

Rata-rata ditambahkan Fahri, lahan yang terbakar tersebut adalah perkebunan. Dan itu semua terjadi dipinggir jalan dan belum merambat sampai kedalam hutan.

"Kalau kejadian di Tebing cepat kita padamkan. Ada laporan dari masyarakat kita langsung bergerak cepat," jelasny.

Jika api nya makin membesar pihaknya akan berkoordinas dengan Dinas Padam Kebakarn.

"Karean kecamata lain jauh dari posko, makamya susah memantaunya, terakhir itu terjadi kebakaran lahan di Lintang Kanan, rumpun bambu itu kurang lebih 1 hektar yang terbakar," ucapnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: