Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan adalah Agus Fatoni

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan adalah Agus Fatoni

Agus Fatoni Resmi Menjabat Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan.-Foto : dok/lahatpos.co-

Lahatpos.co - Agus Fatoni resmi menjabat penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel). Pelantikan Agus Fatoni dipimpin Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Kantor Kemendagri pada Selasa, 2 September 2023.

Pelantikan Pj Gubernur tersebut sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 73/P Tahun 2023 tentang Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur masa jabatan Tahun 2018 sampai 2023. Kemudian juga, 74/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Pj Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Saya bersumpah, saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai Pj gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," kata Tito memandu pembacaan sumpah, diikuti Agus.

Agenda tersebut kemudian dilanjut dengan penyematan tanda pangkat di masing-masing Pj Gubernur.

Nama Agus Fatoni masuk dalam calon yang diusulkan dari Kemendagri menjadi Penjabat Gubernur bersama Robby Kurniawan (Staf Ahli Kemenhub) dan Syahrizal (Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri).

Namun belakangan yang terpilih adalah Agus Fatoni, yang sekarang menjabat sebagai Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri. Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumsel, H David Aljufri berharap kepada Pj Gubernur nanti untuk dapat menjaga stabilitas politik di Sumsel.

“Siapa pun orangnya, dia harus netral sehingga tidak ada gejolak yang timbul di Sumsel,” harapnya.

Melansir wikipedia, Agus Fatoni dilahirkan di Bahuga, Way Kanan, Provinsi Lampung, 6 Juni 1972. Dia adalah birokrat Indonesia, lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 1994 atau angkatan ke-3, yang menjabat Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Agus Fatoni mengawali karirnya sebagai Ajudan Gubernur Lampung pada 1995. Jabatan lain yang pernah dijabat adalah Kepala Biro Administrasi Pimpinan Kemendagri.

Kemudian Plt Sekretaris Fasilitasi Kerjasama, Sekretaris Korpri, Kepala Sekretaris Pribadi Mendagri. Kepala Bagian Protokol, Kepala Subdit Dana Bagi Hasil (DBH) Direktorat Fasilitasi Dana Perimbangan Ditjen Bina Keuangan Daerah. Kepala Seksi Otsus Papua, Papua Barat dan DIY. 

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Badan Litbang) Kemendagri. Bahkan di tahun 2020 lalu Mendagri Tito Karnavian sempat menunjuk Agus Fatoni menjadi Pjs Gubernur Sulawesi Utara menggantikan Olly Dondokambey yang saat yang saat itu melaksanakan cuti kampanye Pilkada Provinsi Sulawesi Utara.

Riwayat pendidikan Agus Fatoni juga dinilai cukup mumpuni, jebolan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) Jatinngor ini diketahui begerlar Doktor di bidang Ilmu Pemerintahan dari Universitas Padjajaran lulus pada tahun 2009 lalu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: