Peristiwa Penting Sejarah Islam pada Bulan Rabiul Awal

Peristiwa Penting Sejarah Islam pada Bulan Rabiul Awal

Peristiwa Penting pada Bulan Rabiul Awal.--

LAHATPOS.CO – Hari minggu 17 September 2023 bertepatan dengan memasuki bulan Rabiul Awal 1445 Hijriah.

Dalam sejarah Islam, banyak peristiwa penting di bulan Rabiul Awal.

Peristiwa peristiwa penting itu wajib diketahui oleh umat Islam.

Salah satu peristiwa yang terjadi di bulan ini adalah kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang menyebarkan Islam hingga sebesar sekaran ini.

Beberapa peristiwa penting yang terjadi di bulan Rabiul Awal adalah:

1. Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Peristiwa yang paling penting dan terkenal yang terjadi di bulan Rabiul Awal adalah kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang dikenal sebagai Maulid Nabi.

Meskipun nabi Muhammad lahir pada 12 Rabiul Awal, tetapi tradisi Islam merayakan Maulid Nabi dilakukan selama bulan Rabiul Awal.

Dinukil dari buku “Mengenal Nama Bulan dalam Kalender Hijriyah” terbitan Balai Pustaka, Nabi Muhammad SAW lahir pada 12 Rabiul Awal tahun gajah yang bertepatan dengan 23 April 571 Masehi. Namun, terjadi perbedaan pendapat terkait tanggal pasti kelahiran Nabi Muhammad ini.

Kenapa yang diperingati kok hanya kelahiran Rasulullah SAW?

Karena kelahiran Rasulullah itu membawa cahaya perubahan bagi umat manusia ke arah yang lebih baik dan membuat senang umat Islam, juga agar umat Islam meneladani akhlak Rasuluillah. Sedangkan wafatnya Rasulullah membuat Islam sedih.

2. Hijrah ke Madinah

Hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dari Makkah ke Madinah adalah salah satu peristiwa paling penting dalam sejarah Islam. 

Ini terjadi pada bulan Rabiul Awal tahun 622 Masehi. Nabi masuk ke ke kota Madinah tepatnya pada Senin 22 Rabiul Awal SH 1 (4 Oktober 622 M).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: