Sholat Istisqa Polres Lahat bersama Jajaran Pemda Lahat

Sholat Istisqa Polres Lahat bersama Jajaran Pemda Lahat

Sholat Istisqa Polres Lahat bersama Jajaran Pemda Lahat. --

LAHAT, Lahatpos.co – Polres Lahat bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat melaksanakan Sholat Istisqa sebagai upaya untuk memohon hujan kepada Allah SWT. 

Acara ini berlangsung di Lapangan Apel Mapolres Lahat dan dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, tokoh agama, serta perwakilan dari berbagai instansi, Jumat, 15 September 2023.

Sholat Istisqa merupakan sholat yang dilakukan secara berjamaah oleh umat Islam untuk memohon kepada Allah SWT agar mengirimkan hujan, khususnya di saat musim kemarau yang panjang dan mengancam kekeringan. 

Kabupaten Lahat seperti sebagian besar wilayah Indonesia, telah mengalami kekeringan yang cukup parah dalam beberapa bulan terakhir, mengancam sumber-sumber air dan pertanian.

BACA JUGA:Cabor Basket Porprov Lahat Berlangsung 8 Hari Cek Lokasinya

Kegiatan Sholat Istisqa ini dipimpin oleh Ketua MUI Lahat, mengajak jamaah untuk bersama-sama berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar kiranya hujan segera turun untuk mengatasi kekeringan yang sedang melanda Kabupaten Lahat. 

Selain itu, dalam khotbahnya, ustadz tersebut juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan, menjaga kelestarian alam, dan mengurangi praktik-praktik yang dapat merusak ekosistem.

Kapolres Lahat, AKBP S Kunto Hartono SIK MT disampaikan Kasubsi Penmas Humas Polres Lahat Aiptu Lispono SH, pentingnya kerjasama antara masyarakat, pemerintah, dan aparat kepolisian dalam menghadapi berbagai tantangan, termasuk musim kemarau yang panjang. 

Kita mengetahui bahwa salah satu potensi kerawanan yang terjadi pada kemarau ini adalah terjadinya karhutla dan bencana alam. 

BACA JUGA:Lahat Selatan Jadi Lokasi Balap Sepeda Porprov Besok Start dari Tanjung Payang sampai Talang Sawah

Kondisi ini berpotensi menimbulkan kerawanan Kamtibmas dan potensi kerawanan lainnya. 

Sedangkan upaya penanggulangan karhutlah pada tahun ini tidaklah mudah.

 Sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi hal tersebut, untuk itu Polres Lahat melaksanakan sholat istisqa dalam rangka memohon rahmat Allah SWT. 

Sekaligus memohon untuk dijauhkan dari bencana kebakaran hutan dan lahan yang dilaksanakan secara serentak baik di Polda Sumsel maupun di  jajaran Polres Lahat," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: