Ketahanan Pangan Desa Tanjung Pinang Sudah Menunjukan Prospek Yang Menjanjikan

Ketahanan Pangan Desa Tanjung Pinang Sudah Menunjukan Prospek Yang Menjanjikan

Monev Dana Desa didesa Tanjung Pinang Merapi Barat --

LAHATPOS.CO Merapi Barat - Hasil program ketahanan pangan desa Tanjung Pinang yang mengunakan Dana Desa tahap satu tahun 2023 sudah  mulai memperlihatkan prospek yang cukup menjanjikan.

Bukan tanpa alasan,dari hasil Monitoring Evaluasi tim Kecamatan Merapi Barat yang dipimpin langsung Sekcam Merapi barat Dahrifagustian SP MM prospek ketahanan pangan desa Tanjung Pinang yang bergerak di peternakan kambing sudah mulai menunjukkan hasil yang signifikan.

"Dari awal pengadaan jumlah kambing ada sekitar 12 ekor dengan rincian 10 ekor kambing betina dan 2 ekor kambing jantan " ujar Kepala desa Tanjung Pinang Harpinsi saat Monitoring Evaluasi tim Kecamatan Merapi Barat, Jumat 8 September 2023.

Menurut Harpinsi, jumlah 12 ekor kambing yang merupakan modal awal ini dalam waktu sekitar 1,5 bulan sudah menghasilkan 3 ekor kambing.

Memang untuk awal pembelian kambing betina kami sengaja membeli kambing yang sudah cukup umur untuk produksi sehingga tidak menunggu waktu yang lama untuk berkembang"

"Istilah  jeme dusun kalau dari bibit yang sudah berumur biasanya kalau beranak biasanya anak nya lebih dari satu,dan kalau dari bibit muda biasanya  Istilah jeme dusun itu kalau beranak itu hanya satu"

Sehingga  kami pilih bibit kambing yang memang sudah berumur  sehingga untuk produksi lebih cepat berkembang biak "Ungkapnya.

Di desa Tanjung Pinang Tim Kecamatan Merapi Barat melanjutkan kegiatan Monitoring Evaluasi ( Monev) Dana Desa tahap satu tahun 2023 dengan pemeriksaan kelengkapan administrasi Dana Desa Tahap satu tahun 2023 dan dilanjutkan dengan pengecekan ketahanan pangan yaitu  ternak kambing dan penambahan kolam  untuk budidaya lele terpal (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: