40 Group Marawis Asal Lahat Antusias Ikuti Gebyar Qasidah

40 Group Marawis Asal Lahat Antusias Ikuti Gebyar Qasidah

Gebyar Qasidah kabupaten Lahat tahun 2023-Foto Novri Yanto-Lahatposco

Lahatpos.co Lahat - Lantunan suara indah dari Group Lahatpos.disway.id/listtag/182937/marawis">Marawis emak-emak menggema dengan syahdu dalam acara Gebyar Qasidah yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Lahat melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Lahatpos.disway.id/listtag/57878/kesra">Kesra) Setda Lahat. Dalam acaranya menghadirkan 40 Grup Lahatpos.disway.id/listtag/182937/marawis">Marawis diikuti ratusan emak-emak di Halaman Gedung Kesenian Lahat, Rabu 30 Agustus 2023.

Mengusung tema Gebyar Qasidah Tahun 2023 kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi kesenian dan kreatif kesenian Islam sebagai budaya kearifan lokal masyarakat dalam menuju Kabupaten Lahat yang bercahaya. 

Hadir Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM MBA, serta turut hadir juga unsur Forkopimda Lahat, kepala OPD, camat dan lurah se-Kabupaten Lahat. 

Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Masyarakat Setda Kabupaten Lahat Dedi Supriadi SE MM mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan jadwal yang memang seharusnya diselenggarakan setiap tahun. Namun karena dua tahun sebelumnya Indonesia sempat dilanda Covid 19 terpaksa ditiadakan. 

Lebih lanjut Dedi menjelaskan pada tahun 2023, bisa menyelenggarakan Gebyar Qasidah yang sangat di suport oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Lahat. Dirinya menjelaskan kegiatan ini setidaknya melibatkan 40 Grup Marawis yang tersebar dibeberapa kecamatan Kabupaten Lahat. 

Masih kata Dedi, kemungkinan besar pada tahun 2024 kita kembali akan mengadakan kegiatan serupa namun dengan kapasitas yang lebih besar dan melibatkan setiap kecamatan mengirim perwakilannya untuk tampil dalam acara ini. 

Menurutnya ada beberapa hal yang nantinya akan diperbaiki seperti judul kegiatan yang nantinya akan diganti dengan Gebyar Marawis dan hal lainya. 

"Harapan kami melalui kegiatan ini dapat menggali menggali potensi kesenian dan kreatif kesenian Islam sebagai budaya kearifan lokal masyarakat dalam menuju Kabupaten Lahat yang bercahaya," ujarnya. 

Dedi menjelaskan ini merupakan bentuk keprihatinan sebagai pemerintah daerah mengenai seni seni diluar Islam yang kian menjamur dibumi pertiwi Indonesia. Bahkan menurut Dedi, seperti acara nikahan pun sudah ada beberapa jenis seni yang sangat memperihatinkan dengan mempertontonkan tarian tarian daerah lain tanpa menghargai seni Islam itu sendiri. 

"Jadi melalui kegiatan ini mari kita kembali kesetiaan publik dalam rangka menjaga keutuhan islam yang benar benar islam dan tidak dicampur adukan dengan seni yang lain," ujarnya. 

Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM MBA mengatakan sangat bangga dengan seluruh peserta yang begitu antusias ikut memeriahkan Gebyar Qasidah Tahun 2023. "Terima kasih atas partisipasinya atas semangatnya. Semoga kedepannya kegiatan ini akan lebih baik dan lebih besar kedepannya," ujar Haryanto. (Novri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co