Pemda Lahat Komitmen Bentuk 100 Persen Kampung KB

Pemda Lahat Komitmen Bentuk 100 Persen Kampung KB

Peninjauan tim verfikasi di Desa Sinjar Bulan Kecamatan Gumay Ulu, Lahat.--

LAHAT, Lahatpos.co - Tim Sekretariat Militer Presiden (Setmilpres) meninjau Kabupaten LAHAT. Tim tersebut datang dalam rangka verifikasi lapangan. Terkait usulan tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan atau Satyalancana Wira Karya untuk Bupati LAHAT Cik Ujang SH. Awalnya tim mendatangi Kelurahan Pasar Lama, Kecamatan LAHAT. Selanjutnya, tim bergerak menuju Desa Sinjar Bulan Kecamatan Gumay Ulu, Kabupaten LAHAT, Rabu (14/6).

Kedatangan tim di Desa Sinjar Bulan, disambut Kades Sinjar Bulan, Nanik Diarti Spdi. Dijelaskannya bahwa untuk program penanganan stunting, kampung KB dijalankan scara baik. Buktinya dari 16 bayi stunting yang ada di desa. Saat ini menjadi nol. Pemanfaatan dan program lainnya termasuk budidaya ikan lele dalam ember. Dimana ikan yang dihasilkan, dikonsumsi untuk pemenuhan gizi bayi dan lansia. Juga ada pemanfaatan daum kelor. "Pemilihan ikan lele dan daun kelor. Karena selain penuh gizi. Juga banyak tersedia di Kabupaten Lahat," ungkapnya.

Sebelum melakukan peninjauan, tim melakukan rangkaian uji petik tanda kehormatan di Ruang Ops Room Pemerintah Kabupaten Lahat. Ketua Tim verifikasi dari Sekretariat Militer Presiden RI Siti Isro'yati SH M Ap mengatakan bahwa Satyalencana Wira Karya (SWK) adalah Tanda Kehormatan dari Presiden Republik Indonesia yang diberikan kepada perorangan yang berjasa, berprestasi, berkomitmen, dan memberikan darma bhaktinya yang besar kepada negara dan bangsa Indonesia. 

Khususnya dalam pelaksanaan program Bangga Kencana di wilayahnya masing-masing, sehingga dapat dijadikan panutan dan teladan bagi orang lain. "Harapan kami mudah-mudahan usulan penerima tanda kehormatan Satyalencana Wira Karya ini dapat terwujud. Semoga hasil verifikasi sesuai dengan usulan yang telah diajukan," tutupnya. 

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang SH selaku calon penerima tanda kehormatan satyalencana wira karya dalam pemaparannya. Menyampaikan tentang komitmen Pemerintah Daerah akan membentuk 100 persen kampung KB di Kabupaten Lahat dan akan dituntaskan di tahun 2023 ini. 

“Pada kesempatan tersebut juga Bupati Lahat memaparkan tentang kebijakan pelaksanaan program percepatan penurunan angka Stunting," paparnya.

Bupati Lahat juga merasa senang kalau tim Sekretariat Militer sudah datang kesini, itu berarti sudah melewati tahapan yang tidak mudah. Tim turun ke lapangan guna melihat langsung apakah yang disampaikan itu benar.  Cik Ujang menyebut, untuk lokasi penilaian ada di beberapa tempat. "Mohon doa'anya agar semua bisa berjalan lancar dan bisa mendapatkan penganugrahan Satyalencana. Dirinya juga menyebut pihaknya sangat siap untuk penilaian dari tim verifikasi," tukasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: