Sumsel Waspada Elnino dan Karhula

Sumsel Waspada Elnino dan Karhula

PALEMBANG, Lahatpos.co - Gubernur Sumsel H Herman Deru kembali menerima kunjungan kerja (Kunker) Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Alue Dohong di Griya Agung.--

PALEMBANG, Lahatpos.co - Gubernur Sumsel H Herman Deru kembali menegaskan, pihaknya akan melakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi dampak Elnino yang dimungkinkan akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia. 

Termasuk diantaranya mengantisipasi ancaman kebakaran lahan dan hutan (Karhutla).

Di sela-sela menerima kunjungan kerja (Kunker) Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Alue Dohong di Griya Agung, Jumat (11/8). 

Gubernur Herman Deru menegaskan, dirinya telah  mengintruksikan semua pihak yang berkaitan langsung dengan karhutla, bahkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dilakukan  untuk mencegah karhutla. 

BACA JUGA:Harapan Sekda Supriono kepada Mahasiswa Fakultas Teknik UNSRI

Utamanya di kawasan yang  banyak ditumbuhi gambut.

"Sumsel ini terdapat lahan gambut yang banyak, tentu bukan sesuatu yang sederhana untuk mencegahnya.  Namun kami terus memantau termasuk melakukan cara-cara secara modern yang jika diperlukan dengan pemanfaatan opsi water boombing. Serta bekerjasama dengan BNPB   menggunakan TMC," kata Herman Deru.

Dikatakan Herman Deru sejumlah titik rawan terjadinya karhutla justru berlokasi disejumlah ruas jalan. 

Kondisi itu  tentu membuatnya  harus lebih tegas karena dampak asap yang ditimbulkan pembakaran mengakibatkan terhalangnya jarak pandang pengendara.

BACA JUGA:Hore, Bansos BNPT Tahap 4 Sudah Masuk Rekening, Buruan Cek sekarang

"Beberapa ruas  tol di Sumsel ini melewati  titik-titik rawan karhutla.  Alhamdulillah,  curah hujan di Sumsel ini masih normal meskipun tempratur panas. Meski demikian kami tetap mengimbau pengelola tol baik damkar maupun aparat tetap mewaspadai terjadi karhutla disekitar ruas  lintasan tol," tambahnya.

Menurut Herman Deru dalam  mengatasi karhutla memerlukan peran penting masyarakat, untuk itu dia berharap pihak Kementerian LHK memberikan literasi kepada masyarakat terkait karhutla.

"Kita harap Pak Wamen bisa memberikan literasi terkait karhutla ini,," harapnya.

Diakhir sambutannya Herman Deru mengucapkan terimakasih pada  pihak Kementerian LHK memiliki perhatian khusus kepada Sumsel. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: