Kamu Harus Tauh,ini Sejarah Terciptanya Lagu Indonesia Raya

Kamu Harus Tauh,ini Sejarah Terciptanya Lagu Indonesia Raya

Wr.Soepratman pencipta lagu Indonesia Raya -Foto ist-Lahatpos.co

Lahatpos.co- Hiduplah Indonesia Raya, Sebuah Lagu kebangsaan penuh makna bagi masyarakat Indonesia

lagu Indonesia Raya Wajib dinyanyikan disetiap Upacara bendera dan Acara lainya yang berhubungan dengan bela negara,

namun tidak semua orang tauh sejarah terciptanya lagu kebangsaan Indonesia ini,

berikut ulasannya,

Melansir situs resmi Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemdikbud, WR Soepratman lahir pada 19 Maret 1903. Ia adalah seorang wartawan dan pemain musik.

Wage juga sempat menjadi guru sebelum terjun ke dunia jurnalistik bersama Kaoem Kita (1924-1925) dan Sin Po (1926-1933). Ia juga termasuk pemuda yang menghadiri Kongres Pemuda I dan II.

Lagu Indonesia Raya mulai dikenal ketika sang komposer membagikan konsep liriknya kepada para peserta Kongres Pemuda II. Di malam penutupan kongres, Wage membawakan lagu Indonesia Raya dengan biolanya.

Terciptanya lagu Indonesia Raya bermula ketika Wage membaca artikel Manakah Komponis Indonesia yang Bisa Menciptakan Lagu Kebangsaan Indonesia yang Dapat Membangkitkan Semangat Rakyat? dalam majalah Timboel terbitan Solo. Hati Wage kemudian tergerak.

Pada suatu malam di tahun 1926, Soepratman mulai menuliskan not-not lagu Indonesia Raya. Lalu ia memainkan not-not tersebut dengan biolanya.

Pada 1927, Soepratman menghubungi beberapa perusahaan rekaman yang ada di Batavia. Ia ingin mengabadikan lagu ciptaannya tersebut.

Perusahaan rekaman yang ia hubungi seperti perusahaan rekaman milik Odeon, Thio Tek Hong dan Yo Kim Tjan. Namun hanya perusahaan milik Yo Kim Tjan yang bersedia merekam lagu ciptaan Wage.

Dua perusahaan lainnya takut ditangkap oleh Belanda. Sebab saat itu, gerakan bawah tanah yang dilakukan pemuda-pemudi Indonesia sudah terendus oleh Belanda.

Sementara Yo Kim Tjan merupakan sahabat baik Soepratman. Ia juga pekerja paruh waktu sebagai pemain biola di Orkes Populair pimpinannya.

Yo Kim Tjan mengusulkan rekaman lagu Indonesia Raya dibuat dalam dua versi. Dua versi itu yakni versi asli yang dinyanyikan langsung Soepratman sambil memainkan biola, serta versi berirama keroncong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co