kamu Harus Baca, ini Empat Golongan Darah Langka di Lahat

kamu Harus Baca, ini Empat Golongan Darah Langka di Lahat

ILUSTRASI-foto ist-LAHATPOS.CO

Empat Golongan Darah Langka di Lahat

LAHATPOS.CO, Lahat - Selama ini golongan darah O dikenal sebagai donor universal di mana dapat mendonorkan pada seluruh orang dengan golongan darah yang berbeda, namun saat sekarang ini hal tersebut sudah tidak diterapkan lagi.

Menurut Ketua PMI Lahat Firmanuddin SSos MM, bila dulunya darah O universal bisa ke darah siapa saja baik A, B, AB. Namun sekarang tidak bisa karena salah satunya ada faktor makanan. "Jadi tetap transfusi darah sebaiknya dengan golongan darah yang sesuai," kata Firmanuddin.

Katanya, untuk stok darah diakuinya masih ada baik A, B, AB. Selain itu juga banyak darah yang dibutuhkan setiap harinya kepada yang membutuhkan. "Upaya kita kalau sudah darurat nian, maka kami hubungi pendonor seperti yang sudah tetap itu Balaiyasa PT KAI,  Zipur Lahat , Dodik Rindam II Sriwijaya, Polri, dan instansi lainnya," ujarnya kepada Lahat Pos, Rabu 2 Agustus 2023.

Dikatakan Firmanuddin, dalam sebulan darah yang didapat dari pendonor tidaklah menentu. Terkadang banyak, terkadang juga cukup. "Biasanya ada dari perusahaan dan instansi-instansi gelar donor darah. Sementara untuk lama penyimpanan stok darah itu hingga sebulan," ujarnya.

Selain itu, diakuinya untuk golongan darah langka bagi pasien yang membutuhkan di Lahat biasanya adalah seperti A+, B+, AB+ dan O+. Semua golongan darah itu diakuinya sangat jarang didapat. "Jadi misal di PMI stok darah lagi habis atau darah yang dibutuhkan seperti A+, B+, AB+ dan O+ itu langka, biasanya dokter meminta untuk siapkan keluarga pasien terutama yang sedarah. Seperti ada yang melahirkan membutuhkan darah," ujarnya. (zki)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co