Wanti-wanti Jamu Kuat Ilegal

 Wanti-wanti Jamu Kuat Ilegal

Pihak BPOM sedang menunjukan foto jamu yang membahayakan-FOTO NOVRI YANTO-LAHATPOS.CO

LAPOS.CO, Lahat - Perederan obat obatan yang kian hari semakin masif dikalangan masyarakat, membuat badan pengawas obat dan makanan (BPOM) kualahan. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai fungsi obat obatan yang semakin bebas terjual.

Atas dasar itu dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) yang berlokasi di Desa Tanjung Tebat Kecamatan Lahat Selatan Kabupaten Lahat. Koordinator Substansi Infokom Balai Besar Pom Palembang Gustini Skm Mkes melakukan sosialisasi mengenai bahaya obat obatan, Jumat 28 Juli 2023.

Dalam sosialisasi nya dirinya mengingatkan kepada seluruh masyarakat mengenai bahaya obat obatan yang terjual bebas dan tanpa resep dokter. Dirinya menjelaskan saat ini banyak obat obatan yang dijual oleh oknum tidak bertanggung jawab yang sangat membahayakan, salah satunya yang paling laris di kalangan masyarakat adalah obat kuat yang dibalut dengan nama Jamu Kuat

Dirinya menjelaskan dalam kandungan jamu itu terdapat obat obatan yang harusnya digunakan dengan resep dokter namun diolah sendiri tanpa adanya takaran, sehingga bagi yang memiliki riwayat kelainan jantung dapat menyebabkan meninggal dunia karna hal itu dapat memacu jantung jadi lebih cepat.  “Untuk itu dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk betul betul memperhatikan obat obatan atau jamu yang dijual bebas sudah ada izin edar atau belum dari BPOM,” ujarnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatposco