Tim Verifikasi Proklim Kunjungi Desa Payo, Ada satu yang Menjadi Fokus

Tim Verifikasi Proklim Kunjungi Desa Payo, Ada satu yang Menjadi Fokus

Foto bersama kegiatan Proklim di desa Payo Kecamatan Merapi Barat --

LAHATPOS.CO, Merapi Barat - Tim Verifikasi Kementrian Lingkungan    Hidup dan Kehutanan yang di Ketua tim verifikasi Proklim desa Payo Erwin Meirifansyah kunjungi desa Payo Kecamatan Merapi barat Kabupaten Lahat.

Kepada lahatpos.co Rabu 26 Juli 2023 ketua tim Verifikasi Proklim desa Payo Erwin Meirifansyah menuturkan bahwa desa Payo sendiri sudah terdaftar di registrasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk usulan Proklim tahun 2023.

Dan Proklim ini memverifikasi serta menilai kegiatan yang sudah di laksanakan selama minimal dua tahun.

Dalam hal ini ada empat kategori yang di usulkan yang pertama adalah kategori Pratama kemudian kategori Madya dan kategori Utama serta kategori selanjutnya adalah kategori Lestari yang membina sepuluh kota.

Dan untuk desa Payo adalah penilaian dari Balai Pengendalian Iklim adalah untuk  kategori Utama"kata Erwin.

Kegiatan yang kita verifikasi terang Erwin diantaranya kegiatan adaptasi, mitigasi, kelembagaan serta ada juga kegiatan yang sudah di masukan kedalam mitigasi kepada kami  yaitu kegiatan aplikasi spektrum yang menilai emisi yang di turunkan dari desa Payo ini sendiri.

Kegiatan yang bisa kita verifikasi antara lain kegiatan yang sudah berjalan di masyarakat seperti adaptasi pengendalian banjir , longsor dan kekeringan.

"Kegiatan itu bagaimana masyarakat melakukan aksi-aksi untuk mengendalikan kegiatan kekeringan tersebut seperti adanya pengelolaan waduk,dan,embung,dan juga pemanenan air hujan dan lain lain"

Ada juga kegiatan seperti penanaman untuk peningkatan ketahanan pangan serta kegiatan untuk pengendalian hama penyakit.

Sedangkan untuk bentuk mitigasi yang antara lain pengendalian sampah, pengomposan, TPS 3R, pengendalian limbah padat ,limbah domestik dan limbah cair dan ada juga kegiatan penghijauan di lahan lahan yang berdampak pada perubahan iklim , kemudian ada penggunaan energi baru terbarukan seperti lampu hemat energi, pengunaan bahan bakar yang ramah lingkungan juga melakukan pengendalian terhadap limbah yang bisa menimbulkan pemanasan global seperti gas metan dan lain lain.

"Dan satu hal yang menjadi fokus dalam penilaian ini ada fungsi manfaat berkelanjutan di mana  masyarakat di tuntut bagaimana mereka bisa melakukan aksi-aksi itu secara keberlanjutan sehingga bisa melakukan adaptasi dan mitigasi seperti adanya Bank Sampah,ada kelompok wanita tani,juga PKK ,bisa Bumdes dan lembaga lainnya yang bisa melakukan pengendalian iklim secara berkelanjutan" tutupnya.

Sementara itu Camat Merapi Barat Drs Erlambang MM berharap dengan adanya desa Payo ikut serta dalam program desa Proklim benar-benar bisa menjadi desa mandiri baik kebersihan lingkungannya, pemerintahannya, kesehatan sanitasinya, iklim nya,dan di harapkan jadi percontohan di Kabupaten Lahat ini dan semoga program Proklim ini memenuhi sasaran masyarakat banyak sehingga di harapkan Lahat makin Bercahaya" tuturnya.

Hadir Supervisor Community Development Priamanaya Group  Edwin Syafutra, Menurutnya Sebagai desa binaan PT Dizamatra Powerindo (Priamanaya Group) management Priamanaya Group mendukung penuh program desa kampung iklim ( proklim) yang telah terpilih untuk dilanjutkan pada tahap verifikasi pada hari ini. desa Payo dengan seluruh elemen masyarakatnya sudah mempersiapkan diri untuk dilakukan verifikasi, kami dari perusahaan sebagai salah satu  pendukung program Proklim ini sangat mengapresiasi atas capaian yang telah di capai pada tahap verifikasi ini mudah mudahan hasil verifikasi ini mendapatkan hasil terbaik dan kedepan nya akan terus konsisten dan komitmen dalam pemenuhan-pemenuhan indikatornya dan dapat berkelanjutan serta mendapatkan manfaat yang luas bagi seluruh masyarakat (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: