Siapkan Arahan Jadi Desa Proklim

Siapkan Arahan Jadi Desa Proklim

TINJAU : Peninjauan Desa Arahan dari perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat, perwakilan CSR PTBA, kepala desa, perangkat desa, lembaga desa, ketua TPS 3R, ketua beserta kader PKK.--

Lahatpos.co, Merapi Timur - Desa Arahan sedang mempersiapkan sebagai desa Kampung Proklim (Program Kampung Iklim) mewakili Kecamatan Merapi Timur tahun 2023.

Program Kampung Iklim (Proklim) adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim.

Kepada Lahat Pos Jum'at 14 Juli 2023, Camat Merapi Timur melalui Sekcam Lan Irwansyah Abadi SE,MM mengatakan Desa Arahan diikutsertakan dalam penilaian Proklim (Program Kampung Iklim) tahun ini.

Program Proklim ini menurut Sekcam, bertujuan untuk menjalin dan mengikutsertakan peran serta masyarakat dalam pengelolaan sampah yang dalam hal ini untuk menjaga lingkungan di sekitar tempat tinggal baik dengan menjaga kebersihan dan menjaga lingkungan. 

Sampah yang selama ini dibuang ataupun dibakar, bahkan yang dibuang di sungai, itu bisa dimanfaatkan dengan cara pemilahan sampah dengan cara pengomposan, sehingga di samping bisa untuk pupuk hasil pengomposan sampah juga bisa mengurangi penimbunan sampah di lingkungan sekitar. Disamping lingkungan lebih bersih sisa sampah bisa  dimanfaatkan untuk yang lainnya. 

"Saat ini belum dilaksanakan penilaian namun masih dalam tahap evaluasi atau persiapan menuju penilaian yang kemungkinan akan dilaksanakan sekitar tanggal 25 Juli nanti,” ujarnya.

Di Kecamatan Merapi Timur bukan hanya Desa Arahan saja yang masuk desa proklim tapi ada juga Desa Nanjungan yang juga ikut serta dalam program Proklim.

Kunjungan tim di Desa Arahan mengunjungi tempat tempat strategis seperti Kebun PKK, perkarangan rumah warga, TPS 3R Masda Jaya, pembibitan jamur tiram, perkebunan terdekat, rumah Qur'an Arahan.

Peninjauan di Desa Arahan dihadiri perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat, perwakilan CSR PTBA, kepala desa, perangkat desa, lembaga desa, ketua TPS 3R, ketua beserta kader PKK.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: