Wabup Lahat : Idul Adha Momen Menguji Keikhlasan

Wabup Lahat : Idul Adha Momen Menguji Keikhlasan

Sholat Idul Adha di Lapangan MTQ Kota Lahat.--

Lahatpos.co - Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM MBA menjalankan sholat idul Adha 1444 Hijriah di Lapangan eks MTQ, Kota Lahat. Sholat ini dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB pagi yang diikuti oleh ratusan masyarakat yang pimpin oleh Ustad Hadmi selaku Iman dan khatib Khairul Sholeh. 

 

Wakil Bupati H Haryanto menyampaikan, Idul Adha dikenal dengan sebutan 'hari raya haji', di mana kaum muslimin sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah. 

Di samping itu, Idul Adha dinamakan hari raya haji, juga dinamakan Idul Kurban, karena merupakan hari raya yang menekankan pada arti berkorban. Kurban itu sendiri artinya dekat, sehingga kurban ialah menyembelih hewan ternak untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

"Sebagai tanda syukur sebagai tanda hari raya kurban. Disamping ibadah mengambil hikmah di kehidupan dan ke ikhlasan, dan menjalanlan perintah Allah. Ibadah kurban juga meningkatkan aspek kehidupan sosial serta bentuk apresiasi solidaritas sosial," ujar H Haryanto, Kamis (29/6).

 

Dikatakannya, kesan atau I’tibar yang dapat diambil dari peristiwa hari raya kurban yakni, lebih berbakti terhadap Allah dan rasulnya. Kemudian, perintah dan ketentuan-ketentuan yang telah digariskan oleh Allah SWT harus dilaksanakan. 

 

Diakhir sampaian H Haryanto mengajak menggugah hati masyarakat setempat untuk berkorban bagi negari ini, serta mengajak peran masing masing membangun suatu negeri dan peran aktif. "Mari kita bersinergi, dan semoga mendapat keberkahan dari Allah SWT," tambahnya. "Mohon doanya Bupati Lahat Cik Ujang yang saat ini menjalankan ibadah haji, serta mendoakan 312 jemaah haji dapat pulangnya jadi haji yang mabrur," tutupnya. (zki)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: idul adha