18 Pasien Diduga Keracunan Makanan di Lahat Sudah Membaik, Begini Kronologi Versi Keluarga

18 Pasien Diduga Keracunan Makanan di Lahat Sudah Membaik, Begini Kronologi Versi Keluarga

Wakil Bupati Lahat H Haryanto bersama managemen RSUD Lahat saat melihat kondisi pasien--

Lahatpos.co - Tenaga medis di RSUD Lahat saat ini terus berupaya melakukan perawatan medis kepada 18 pasien yang di rawat di sal anak. Para pasien diduga merupakan korban yang mengalami keracunan makanan yang mayoritas dari Kecamatan Merapi Barat, Kabupaten Lahat. 

 

Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM pun sempat mengunjungi korban di RSUD Lahat pada Rabu 28 Juni 2023. Kunjungan orang nomor dua di Bumi Seganti Setungguan ini untuk memastikan secara langsung kondisi pasien. 

 

"Kita memastikan kondisi para pasien, dan Alhamdulilah sudah banyak yang membaik," ujar H Haryanto saat ditemui disela-sela kunjungan di RSUD Lahat.

 

H Haryanto berharap hal ini tidak terjadi lagi. Ia menghimbau agar selalu memperhatikan anak-anaknya terkait asupan makanan terutama jajanan. "Terkait penyebabnya kita belum bisa memastikan, dan kita berharap pasien cepat sembuh serta bisa kembali pulang," ujarnya. 

 

Direktur RSUD Lahat, dr Hj Erlinda MKes melalui Kasubbag Umum dan Perlengkapan, Feri Agustiansyah SH mengatakan pihaknya terus mengoptimalkan pelayanan kepada pasien. Seluruh tenaga medis dikerahkan untuk penanganan medis. Sementara keluhan awal pasien adalah muntah-muntah. "Kami belum bisa memastikan penyebab-nya. Karena untuk memastikannya, sample dikirim ke laboratorium Dinas Kesehatan Lahat," ujarnya. 

 

Ditempat yang sama Sandi (36) warga Desa Kebur, Kecamatan Merapi Barat selaku orang tua korban menceritakan bahwa anak-anaknya usai mengkonsumsi makanan jajanan bakso yang kebetulan lewat di depan rumah pada Selasa sore 27 Juni 2023. Harga bakso pun dibeli seharga Rp 4 ribu dengan isi 7 pentolan.

 

Lalu selepas Maghrib anak korban mengalami muntah-muntah. Hingga keluhan pun masih dirasakan, lalu dibawa ke RSUD Lahat. "Usai jajan makanan itu, anak-anak sekeluarga kami pun mual dan muntah-muntah. Lalu kami bawa ke rumah sakit. Alhamdulillah sudah membaik," ujar Sandi ayah dua orang anak yang jadi korban. (zki)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: keracunan di lahat