Wow, Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah di Tebat Lempaung Lahat, Ada Apa Ya

Wow, Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah di Tebat Lempaung Lahat, Ada Apa Ya

Ribuan masyarakat eks Marga Tembelang Gedung Agung tumpah ruah di Tebat Lempaung Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur.--

Merapi Timur, Lahatpos.co - Ribuan masyarakat eks Marga Tembelang Gedung Agung tumpah ruah di Tebat Lempaung Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur. Mereka melakukan acara nangguk bersama, atau menangkap ikan bersama.

Acara nangguk bersama ini merupakan acara dua tahunan yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat.


--

Kepala Desa Gedung Agung Frengki mengatakan, acara nangguk bersama ini diikuti warga desa eks Marga Tembelang Gedung Agung. 

Terdiri dari Desa Gedung Agung, Tanjung Lontar, Sengkuang, Nanjungan, dan Tanjung Jambu.

Bukan hanya itu saja  bahkan ada juga masyarakat yang datang dari Desa Banjarsari dan Desa Arahan Kecamatan Merapi Timur.

"Dalam nangguk ini kami tidak membatasi dalam jumlah ikan yang didapat. Silahkan sebanyak-banyaknya dan sepuasnya," ujar Kades kepada lahatpos.co, Selasa 27 Juni 2023.

Sedangkan untuk alat tangkap ikan berbagai macam diperbolehkan alat apa saja oleh dipakai yang jelas alat tangkap tradisional.

Untuk masyarakatnya sendiri berbagai macam alat yang digunakan seperti  Tangkul, Jala, Sehekap, Pesan, Serindak, dan berbagai macam alat tradisional lainnya.

Untuk jenis ikan yang didapat juga berbagai macam.

Ada ikan Patin, ikan Mas, ikan Mujair, ikan Nila, dan lain-lain. 

Bahkan ada jenis Ikan Palau yang masih jarang didapat di daerah sini.

“Kami Pemerintah Desa Gedung Agung berharap agar tradisi nangguk bersama ini akan tetap dilestarikan,” ujarnya. 

Karena, disamping untuk wisata desa, kegiatan nangguk bersama ini bisa  menjadi ciri khas masyarakat eks Marga Tembelang Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat. * 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: