Dinas TPHP Lahat Menggelar Sosialisasi Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Desa Tanjung Tebat, ini Harapannya

Dinas TPHP Lahat Menggelar Sosialisasi Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Desa Tanjung Tebat, ini Harapannya

Kadis TPHP Kabupaten Lahat Eti Listina SP MM membuka sosialisasi Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Desa Tanjung Tebat Kecamatan Lahat Selatan, Senin, 26 Juni 2023.--

Lahat, Lahatpos.co - Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Lahat menggelar sosialisasi Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Desa Tanjung Tebat Kecamatan Lahat Selatan, Senin, 26 Juni 2023.

Acara ini dibuka oleh Kadis TPHP Kabupaten Lahat Eti Listina SP MM.


Tamu undangan dan peserta sosialisasi Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Desa Tanjung Tebat Kecamatan Lahat Selatan, Senin, 26 Juni 2023.--

Hadir juga Sekcam Lahat Selatan, Kades Tanjung Tebat, Ketua Panitia Sosialisasi P2L Ahmad Firdaus SP MMA, peserta sosialisaai 45 anggota Klompok Wanita Tani Mudah Sepakat, anggota TP PKK Pokja 3.

Kemudian, PPL se Lahat Selatan, nara sumber Bpk Kustsnto SP, Koordinator Penyuluh Lahat, dan Juni Widisnto SP Koordinanor PHP Lahat.

Kadis TPHP Kabupaten Lahat Eti Listina SP MM menyampaikan, kegiatan P2L untuk meningkatkan ketersediaan, aksebiliti dan pemanfaatan pangan. Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan rumah tangga.

Kemudian, mendukung program pemerintah penanganan lokasi prioritas intervensi penurunan stunting.

“Kegiatan ini dilakukan melalui pemanfaatan lahan pekarangan lahat tidur dan lahat kosong yang tidak produktif, sebagai penghasil pangan dalam memenuhi pangan dan gizi rumah tangga, dan berorientasi pasar untuk meningkatkan pendapatan rumah tangga,” ungkapnya.

Lanjutnya, pemanfaatan pekarangan sebagai sumber gizi keluar yang secara baik diharapkan dapat meningkatkan konsumsi pangan, dan tanaman obat keluarga (Toga) yang dibudidayakan.

“Kita harapkan rumah tangga yang mengelola pekarangan itu gizi terpenuhi dan kehidupan lebih sejahtera,” harapnya.

Senada, Ketua Panitia Sosialisasi P2L Ahmad Firdaus SP mengungkapkan, nantinya kelompok tani akan mendapatkan bantuan rumah pembibitan dan kekengkapannya, polybag, pupuk kompos.

Kemudian, bantuan benih sayur sayuran (kangkung, bayam, tomat, terong, cabe, sawi dan buahan seperti pepaya kalifornia.

Termasuk bantuan membuat demplot bedengan sayuran. * 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: