Sejarah Lampung Dahulunya Bagian Wilayah Sumatera Selatan

Sejarah Lampung Dahulunya Bagian Wilayah Sumatera Selatan

Gapura selamat datang Lampung.--

Lahatpos.co – Lampung provinsi yang berada di ujung Pulau Sumatera. Namun tahukah anda bahwa Lampung dahulunya merupakan bagian dari wilayah Sumatera Selatan.

Walaupun Lampung merupakan wilayah berbukitan dan memiliki budaya berbeda dengan Sumatera Selatan pada waktu itu, namun secara administratif masuk wilayah Sumatera Selatan.

Luas sekali berarti Sumatera Selatan dahulunya ya.

Lantas, kapan Lampung memisahkan diri dari bagian wilayah Sumatera Selatan, berikut ini sejarah Lampung yang dikutip dari berbagai sumber :

BACA JUGA:Perkemahan Bumi Cempaka Wangi Sukses Gelar Persami,dan Menghasilkan Beberapa Juara

Provinsi Lampung lahir pada tanggal 18 Maret 1964 dengan ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 31964 yang kemudian menjadi Undang-undang Nomor 14 tahun 1964. 

Sebelum itu Provinsi Lampung merupakan Karesidenan yang tergabung dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Kendatipun Provinsi Lampung sebelum tanggal 18 Maret 1964 tersebut secara administratif masih merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Selatan. 

Namun daerah ini jauh sebelum Indonesia merdeka memang telah menunjukkan potensi yang sangat besar serta corak warna kebudayaan tersendiri yang dapat menambah khasanah adat budaya di Nusantara yang tercinta ini. 

BACA JUGA:Kabar Duka Istri Ketua Baznas Lahat Berpulang ke Rahmatullah

Oleh karena itu pada zaman VOC daerah Lampung tidak terlepas dari incaran penjajahan Belanda.

Tatkala Banten dibawah pimpinan Sultan Agung Tirtayasa (1651-1683) Banten berhasil menjadi pusat perdagangan yang dapat menyaingi VOC di perairan Jawa, Sumatra dan Maluku. 

Sultan Agung ini dalam upaya meluaskan wilayah kekuasaan Banten mendapat hambatan karena dihalang-halangi VOC yang bercokol di Batavia. 

Putra Sultan Agung Tirtayasa yang bernama Sultan Haji diserahi tugas untuk menggantikan kedudukan mahkota kesultanan Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: