397 Mustahik Merapi Area Terima Bantuan Badan Amil Zakat (Baznas) Lahat

397 Mustahik Merapi Area Terima Bantuan Badan Amil Zakat (Baznas) Lahat

Acara penyaluran bantuan Baznas Kabupaten Lahat kepada mustahik di Kecamatan Merapi Area.-Foto : Purwanto/lahatpos.co-

Lahatpos.co, Merapi Area - Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Lahat salurkan bantuan zakat kepada 397 mustahik di Kecamatan Merapi Barat, Kecamatan Merapi Timur, dan Kecamatan Merapi Selatan.

Kepada lahatpos.co, Ketua Baznaz Kabupaten Lahat KH Hamdi Arsal mengatakan, bantuan ini merupakan program BAZNAS Kabupaten Lahat melalui Lahat Peduli Fakir Miskin dan Religi.

“Dalam penyaluran bantuan zakat di Kecamatan Merapi Area ini, bantuan diberikan kepada fakir miskin, marbot dan guru ngaji di wilayah Kecamatan Merapi Area," ujarnya.

Jumlah rincian penerima zakat dari Baznas Kabupaten Lahat terdiri dari fakir miskin berjumlah 248  orang, guru ngaji 88 orang, marbot 61 orang sehingga jumlah total mustahik berjumlah 397 orang.

Dari jumlah 397 orang mustahik ini, Baznas Kabupaten Lahat mendistribusikan dana zakat sebesar Rp134.000.000.

Dari dana Rp134.000.000 tersebut dengan rincian fakir miskin mendapatkan Rp300.000 per orang sedangkan marbot dan guru ngaji mendapatkan Rp400.000 per orang.

Program yang dilaksanakan Baznas Kabupaten Lahat dalam rangka menanggulangi kemiskinan di Kabupaten Lahat sehingga diharapkan bisa untuk jadikan Kabupaten Lahat Sejahtera dan Bercahaya. 

Hadir dalam penyaluran zakat, Bupati Lahat Cik Ujang SH diwakili Kabag Kesra Dedi Supriadi SE MM, 5 Pimpinan Baznas Kabupaten Lahat, dan 7 amil zakat sehingga total total dari perwakilan Baznas berjumlah 12 orang. 

Kedepannya, menurut Hamdi, Baznas Kabupaten Lahat akan menyalurkan juga bantuan zakat beberapa bulan kedepan di wilayah Kecamatan Mulak Area, Mulak Ulu, Pagar Gunung, Mulak Sebingkai, Tanjung Tebat, dan Kota Agung.

Ketua Baznas Kabupaten Lahat KH Hamdi Arsal juga mengharapkan agar masyarakat Merapi Area dapat memakmurkan masjid, dengan cara mengikuti program pengajian majelis taklim yang ada di setiap desa, sehingga selain bisa memakmurkan masjid, buta aksara Alquran juga dapat ditanggulangi sehingga rakyat makin sejahtera Lahat makin Bercahaya. 

Sementara itu Camat Merapi Barat Drs Erlambang MM sebagai tuan rumah yang mewakili masyarakat Kecamatan Merapi Area mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Lahat yang diwakili Kabag Kesra Dedi Supriadi yang telah resmi membuka penyaluran Zakat dari Baznas Kabupaten Lahat untuk Kecamatan Merapi Area.

Program ini sangat membantu masyarakat untuk menanggulangi kemiskinan yang salah satunya dengan program dari Baznas Kabupaten Lahat.

“Semoga program zakat ini akan terus dilanjutkan dan bisa membantu terutama untuk masyarakat yang Kabupaten Lahat yang memang membutuhkan," harapnya. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: