Rombongan Kades Kabupaten Lahat Dengarkan Paparan Desa Mandiri dari Kemendagri

Rombongan Kades Kabupaten Lahat Dengarkan Paparan Desa Mandiri dari Kemendagri

Kades se Kabupaten Lahat foto bersama narasumber dari Kemendagri RI.--

Bali, Lahatpos.co - Setelah sarapan pagi, rombongan kepala desa Kabupaten Lahat hari ini full menerima paparan materi seputar peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) untuk mendorong kemandirian desa.

Materi paparan dari I Ketut Sukadana, dari Ditjen Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri RI.


Foto bersama Kades se Kabupaten Lahat.--

Ketua Forum Kades se Kabupaten Lahat, Nilwan mengungkapkan, bahwa I Ketut Sukadana sangat mengapresiasi kepala desa se Kabupaten Lahat yang ingin mewujudkan desa mandiri.


Kades bersama narasumber dari Kemendagri.--

Sesuai UU Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa yang memiliki sinergi dengan nawa cita sebagai panduan kebijakan pembangunan nasional memberi peluang bagi bekerjanya prakarsa-prakarsa lokal menuju desa mandiri.

Desa mandiri dapat diwujudkan dengan cara menggali semua potensi desa, sehingga meningkatkan pendapatan desa.

Dimulai dari mendorong lahirnya warga dan organisasi warga desa yang kritis, peduli dan berinteraksi dinamis dengan proses-proses pengambilan kebijakanpembangunan desa. 

Menjalankan sistem perencanaan dan penganggaran desa yang partisipatif, akuntabel, dan transparan sesuai dengan batas kewenangan yang dimiliki. 

Memberdayakan lembaga dan kelembagaan ekonomi desa yang inklusif. 

Kesuksesan pencapaian desa mandiri dilain pihak juga ditopang oleh implementasi system perencanaan, penganggaran dan pelaksanan anggaran desa yang partisipatif, tertib, efektif, efisien dan disertai monitoring yang baik. 

Lanjut Nilwan, Desa Kutuh salah satunya yang telah berhasil menjadi desa mandiri. Terbukti dari pendapatan desanya sudah mencapai milyaran rupiah dengan cara memanfaatkan potensi desa itu sendiri. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: