Pemda Lahat

Rombongan Kepala Desa Kabupaten Lahat akan Kunjungi Desa Terkaya di Indonesia

Rombongan Kepala Desa Kabupaten Lahat akan Kunjungi Desa Terkaya di Indonesia

Pantai Pandawa berada di Desa Kutuh, salah satu potensi desa yang berhasil meningkatkan pendapatan desa.-Foto : lahatpos.co-

Lahat, Lahatpos.co – Setelah sarapan pagi, rombongan Kepala Desa Kabupaten Lahat akan mengunjungi desa terkaya di Indonesia. desa terkaya itu ada di Bali, namanya Desa Kutuh.

Ketua Forum Kepala Desa Kabupaten Lahat, Nilwan mengungkapkan, salah satu tujuan kepala desa ke Bali, adalah melakukan studi banding ke Desa Kutuh.

Desa Kutuh dahulunya desa termiskin di Indonesia, namun saat ini berhasil menjadi desa terkaya di Indonesia.

“Kita berharap rekan rekan sesama kepala desa akan belajar dan menimba ilmu dari Desa Kutuh. Bagaimana cara mereka mampu menjadi desa terkaya dengan memanfaatkan potensi desa yang ada,” ucapnya.

Sehingga diharapkan nantinya setelah pulang dari Desa Kutuh Bali ke desa masing masing, kepala desa dapat menerapkan ilmu yang diperoleh di desa masing masing.

Kutuh menjadi desa dengan pendapatan desa tertinggi di Indonesia dengan pendapatan Rp50 milyar rupiah per tahun dan laba bersih Rp14,5 milyar rupiah.

Desa Kutuh menjadi yang paling berhasil mengelola BUMDes. 

Badan usaha ini resmi berdiri dengan nama Manik Sedana Kutuh. 

Seperti diketahui, kepala desa se Kabupaten Lahat melakukan studi banding, sekaligus bimbingan teknis (bimtek) ke Bali. Peningkatakan kapasitas aparatur pemerintah desa mengenai pengelolaan anggaran desa dan ketahanan pangan menuju ekonomi berbasis teknologi dan inovasi tahun 2023. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: