Universitas Prabumulih Lakukan Field Trip ke PT Dizamatra Powerindo Site Lahat

Universitas Prabumulih Lakukan Field Trip ke PT Dizamatra Powerindo Site Lahat

PT Dizamatra Powerindo Site Lahat memberikan bimbingan kepada mahasiswa mahasiswi di Universitas Prabumulih Lakukan Field Trip ke PT Dizamatra Powerindo Site Lahat.--

Lahat, Lahatpos.co - Dalam rangka meningkatkan potensi akademik dan pengetahuan praktik lapangan operasional pertambangan melalui penerapan good mining. Puluhan mahasiswa mahasiswi dan civitas Teknik Pertambangan Universitas Prabumulih, laksanakan Field Trip ke area operasional PT Dizamatra Powerindo site Lahat di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, Selasa, 30 Mei 2023.


--

Dekan Teknik Pertambangan Universitas Prabumulih, Dr Yuniar Pratiwi SSi MSi dalam sambutannya menjelaskan bahwa sangat penting bagi para mahasiswa tambang untuk melaksanakan kunjungan industri ke perusahaan seperti PT Dizamatra Powerindo.

Kunjungan ini guna meningkatkan kemampuan praktikal tambang serta mengetahui aspek-aspek penting dalam industri pertambangan seperti proses produksi, pengelolaan K3LH dan CSR yang harus diperhatikan ketika mengelola perusahaan tambang nantinya.


--

Lebih lanjut, Yuniar juga mengatakan bahwa kehadiran PT. Dizamatra Powerindo di Sumatera Selatan saat ini sangat membantu para mahasiswa Fakultas Teknik Tambang Universitas Prabumulih yang mayoritas putra-putri Sumatera Selatan. 

Karena perusahaan selalu bersedia menerima dan menyambut baik kunjungan dari  para mahasiswa yang ingin belajar secara langsung disana.

"Kita semua berharap agar PT Dizamatra Powerindo ini selalu memberikan kesempatan bagi mahasiswa - mahasiswi Teknik Pertambangan Universitas Prabumulih untuk dapat melakukan praktek lapangan dan penelitian di PT Dizamatra Powerindo," ungkapnya.

Selasa pagi itu, para siswa siswi Fakultas Teknik Universitas Prabumulih ini mendapat penjelasan langsung dari KTT dan Koordinator Lapangan (korlap) PT. Dizamatra Powerindo. 

Dalam kunjungan ini, para siswa dijelaskan bagaimana proses pengangkatan batu bara dari tambang, kemudian diolah, hingga akhirnya menjadi sebuah produk berupa batu bara siap pakai. 

Selain itu dijelaskan juga apa dampak pertambangan tersebut terhadap lingkungan dan juga bagaimana cara penanggulangannya. 

Usai penjelasan dan sesi tanya jawab, para siswa diajak untuk berkeliling langsung ke area pertambangan batu bara yang ada di area operasional PT Dizamatra Powerindo.

KTT PT Dizamatra Powerindo, Bertha Andrian ST dalam sambutannya mengatakan bahwa generasi muda tambang Sumatera Selatan harus benar-benar didukung dari segi pengetahuan akademik dan praktik lapangan, sehingga kedepan banyak lulusan-lulusan teknik pertambangan Universitas Prabumulih dapat mengelola berbagai investasi industri pertambangan di Sumatera Selatan bahkan di seluruh pelosok Indonesia.

"Kita sama-sama mengetahui bahwa Sumatera Selatan memiliki sumber daya alam yang luar biasa, sudah saatnya kita dukung para generasi muda tambang Sumatera Selatan saat ini agar kedepan mereka mampu mengelola sendiri kekayaan alam Sumatera Selatan tersebut bersama-sama," ungkap Bertha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: