FKUB Lahat Diskusi dan Silaturahmi ke FKUB Kota Bogor, ini yang Disampaikan

FKUB Lahat Diskusi dan Silaturahmi ke FKUB Kota Bogor, ini yang Disampaikan

FKUB Lahat melakukan diskusi dan silaturahmi ke FKUB Bogor, Senin, 29 Mei 2023.--

Lahat, Lahatpos.co - FKUB Kota Bogor disela-sela diskusi tentang resolusi manajemen konflik bersama stake holder keagamaan di Kota Bogor, kedatangan tamu dari Pemerintah Kabupaten Lahat dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Lahat, Senin, 29 Mei 2023.


--

Kunjungan tersebut dihadiri oleh Pemerintah Kabupaten Lahat yang diwakili oleh Kesbangpol dan tokoh lintas agama yang diwakili oleh pengurus FKUB Kabupaten Lahat.

Dihadiri pengurus FKUB Kota Bogor, Pemda Kabupaten Lahat, hadir pula dalam diskusi tersebut Direktur Metamorfosis, Shofia, kemudian program USAID Madani, Abdurrahman.


--

Dalam diskusinya, Ketua FKUB Kota Bogor, menyampaikan pemaparan tentang manajeme resolusi konflik di Kota Bogor, terutama yang bersumber dari isu pendirian rumah ibadah dan keagamaan.

Hasbulloh mengatakan, bahwa pengurus FKUB Kota Bogor, ketika awal menjabat dibekali dengan keterampilan dan pelatihan mediasi konflik, sebagai skill dasar dalam menangani persoalan konflik yang dihadapi masyarakat.

Upaya FKUB Kota Bogor dalam melakukan peningkatan kerukunan umat beragama di Kota Bogor dilakukan dengan menyisipkan program dari berbagai aspek, diantaranya pada aspek perencanaan pemerintah, pada aspek kebijakan dan tindakan pemerintah, pada aspek regulasi sosial serta aspek demografi keberagamaan.

Dengan melakukan penguatan di beberapa aspek tersebut, maka indeks kerukunan imat beragama serta indeks kota toleran untuk Kota Bogor, semakin meningkat.

“Pada aspek tindakan pemerintah, bahkan menjadikan Kota Bogor sebagai Kota terbaik ke 4 dalam Indeks Kota Toleran,”kata Hasbulloh.

Masdariansyah selaku Kabid Kesbangpol Kabupaten Lahat menyampaikan apreasiasi atas keberhasilan FKUB Kota Bogor dalam menjalankan program peningkatan kerukunan umat beragama di Kota Bogor, sehingga pihaknya melakukan studi tiru atas keberhasilan peran FKUB Kota Bogor.

Sementara itu, Ketua FKUB Kabupaten Lahat, KH Hairudin juga menyampaikan keberhasilan FKUB Kota Bogor, sampai terdengar ke Kabupaten Lahat Sumatera Selatan, sehingga pihaknya memberanikan diri untuk melakukan diskusi dan kunjungan ke FKUB Kota Bogor.

Romo Setia Dodo Utomo, tokoh agama Katolik Kabupaten Lahat mengungkapkan bahwa apa yang menjadi keberhasilan FKUB Kota Bogor, akan kami aplikasikan di FKUB Kabupatem Lahat. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: