Wow Ada Program Khusus Peserta Didik Tidak Mampu di SMPN 3 Lahat, Lihat Disini Syarat dan Ketentuannya

Wow Ada Program Khusus Peserta Didik Tidak Mampu di SMPN 3 Lahat, Lihat Disini Syarat dan Ketentuannya

Kepala SMP Negeri 3 Lahat Andi Irawan.-Foto : lahatpos.co-Lahatposco

Lahat, Lahatpos.co - Guna terus berbenah dan memberikan pendidikan yang mumpuni bagi peserta didik, maka Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 3 Lahat pada tahun ajaran baru akan membuka satu kelas khusus yang berisikan hanya 32 siswa dari keluarga kurang mampu.

Dengan catatan, peserta didik memiliki prestasi, minimal masuk lima besar terbaik nilai raport dari sekolah dasar (SD), mulai kelas 4 hingga kelas 6.

Kepala SMPN 3 Lahat Andi Irawan SPd MPd menjelaskan, sejauh ini peserta didik yang telah terdata sebanyak 60 orang.

Nantinya, peserta didik diseleksi secara objektif dan memang memenuhi kriteria-kriteria yang ada.

"Saat ini kita baru membuka satu kelas khusus dahulu. Mereka akan dibebaskan biaya seragam maupun buku mata pelajaran maupun lainnya," ucapnya kepada lahatpos.co, Senin, 29 Mei 2023.

Sebab, sambung Andi Irawan, bercermin banyaknya siswa yang kurang mampu bersekolah, akan tetapi mereka memiliki segudang prestasi akademik.

"Ketika mereka melanjutkan ke jenjang pendidikan, sangat sulit untuk masuk. Makanya dengan adanya kelas khusus ini. Semuanya diberikan kemudahan terus mengukir prestasi belajar," papar Andi Irawan.

Bahkan, lanjut Andi Irawan, untuk sumber daya manusia (SDM) berupa tenaga pengajarnya pun, pihaknya telah menyeleksi calon nantinya dapat memberikan ilmu pengetahuan.

"Pihak sekolah terus berupaya semaksimal mungkin, guna meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan di SMPN 3 Lahat," jelasnya.

Selain itu, masih kata dia, di sekolah pun telah terbentuk klub Bahasa Inggris dan Matematika. 

Ini memang bagi siswa menyukai mata pelajaran tersebut, termasuk juga menerapkan kurikulum merdeka.

"Lambat laun, berubah menjadi sekolah yang berbeda dari sekolah lainnya, guna mengejar cita-cita dan impian siswa," tandas Andi Irawan.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Lahat, Drs H Suhirdin MM menuturkan, pihaknya menginginkan sekolah tingkat dasar hingga menengah pertama. 

Untuk terus bersaing dengan sehat, menorehkan prestasi baik bidang akademis maupun sektor lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co