PPNI Lahat Usulkan Program Satu Desa Satu Perawat

PPNI Lahat Usulkan Program Satu Desa Satu Perawat

Pelantikan pengurus DPD PPNI Kabupaten Lahat dan Dewan Pertimbangan PPNI Lahat. --

Lahat, Lahatpos.co – Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) mendorong Pemerintah Kabupaten Lahat membuat program Satu Desa Satu Perawat. PPNI Kabupaten Lahat membantu pemerintah dalam mewujudkan program tersebut.

Ketua DPD PPNI Kabupaten Lahat  H Dodi Aflika Farama SKM SKep MKes menjelaskan, perawat memiliki peranan yang penting di masyarakat. Perawat bisa sebagai penyuluh. 

“Perawat bisa membuat pelatihan pelatihan, membentuk kader kader desa dibidang kesehatan. Jadi setiap desa mempunyai kader kader dan satu perawat,” ujarnya, diacara pelantikan pengurus DPD PPNI dan Dewan Pertimbangan PPNI Kabupaten Lahat di Gedung Pertemuan Lahat, Minggu, 28 Mei 2023.

Dulu, lanjut Dodi Aflika Farama, pemerintah pernah membuat program satu desa satu bidan. Fungsi bidan di desa. Salah satu tugasnya membantu ibu ibu melahirkan di desa.

Melalui program ini, bidan desa berhasil diangkat menjadi ASN (aparatur sipil negara).

Sekarang giliran perawat. 

Perawat diharapkan mendapatkan perhatian dari pemerintah.

Khususnya perawat yang menjadi tenaga honorer.

Ada perawat yang honorer lebih dari 10 tahun, bahkan 15 tahun.

Selain itu PPN Lahat juga mendorong para perawat terus meningkatkan potensi dan kualitas. Peningkatan kualitas bisa melalui mengikuti kegiatan seminar kesehatan, SIP, SIK, praktek mandiri.

Sementara, pelantikan pengurus DPD PPNI Kabupaten Lahat dipimpin langsung oleh Ketua DPW PPNI Provinsi Sumatera Selatan H Subhan SKM SKep MKes didampingi Sekretaris Yamin SKM Skep MKes. 

Dalam sambutannya, Ketua DPW PPNI Provinsi Sumatera Selatan H Subhan SKM SKep MKes mengucapkan selamat kepada DPD PPNI Lahat yang sudah memiliki struktur kepengurusan yang baru. Subhan berpesan tetap menjaga kekompakkan, kebersamaan, dan dapat meningkatkan kualitas SDM perawat.

Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lahat yang telah membantu meminjamkan fasilitas pelantikan DPD PPNI dan Dewan Pertimbangan PPNI Kabupaten Lahat di Gedung Pertemuan Lahat, Minggu, 28 Mei 2023.

Subhan mengatakan, pihaknya juga terus memperjuangkan kesejahteraan perawat. Salah satunya, mendorong pemerintah dalam membuat program satu desa perawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: