Pemda Lahat

Ternyata Piknik/Berwisata Ada Dalam Al Quran Surat Al Mulk Ayat 15

Ternyata Piknik/Berwisata Ada Dalam Al Quran Surat Al Mulk Ayat 15

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Dr Aufa Syahrizal SP MSc mengunjungi wisata Bukit Jempol Lahat. --

Lahat, Lahatpos.co – Bagi yang suka piknik, berwisata, touring, traveling, jalan jalan, atau apapun namanya. Teruskan saja hobinya.

Ternyata piknik atau berwisata itu adalah juga dalam Al Quran.

Dalam Al Quran Surat Al Mulk Ayat 15 artinya sebagai berikut :

“Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan”.

Dalam Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta'dzhim al-Qur'an di bawah pengawasan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur'an Universitas Islam Madinah menyatakan bahwa Allah yang menciptakan bumi bagi manusia. Maka berjalanlah mencari nafkah dan rezeki.

Hai manusia, Allah menciptakan bumi bagi kalian, dan menjadikannya mudah ditapaki, maka berjalanlah di berbagai penjurunya untuk mencari nafkah dan rezeki, dan carilah nikmat-nikmat Allah yang ada padanya. 

Makan dan manfaatkanlah rezeki yang telah Allah berikan kepada kalian, dan ketahuilah bahwa kalian akan kembali kepada Allah.

Demikian juga Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih bin Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram).

Dia lah yang menciptakan bumi itu mudah dan empuk bagi kalian untuk ditinggali, maka berjalanlah di sisi-sisi dan ujung-ujungnya, dan makanlah dari rezeki yang disiapkan-Nya untuk kalian di dunia, dan hanya kepada-Nya sajalah kalian dibangkitkan untuk perhitungan dan pembalasan. 

Terpisah, Ketua MUI Kabupaten Lahat KH Zulkiah A Kohar mengatakan, piknik/berwisata merupakan berjalan jalan di muka bumi. Sambil menikmati makanan kuliner yang merupakan rejeki dari Allah SWT.

Namun perlu diingat, dalam setiap melakukan berwisata, jangan lupa mengerjakan salat lima waktu. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: