Tahun ini Lahat Targetkan Raih Predikat KLA Nindya

Tahun ini Lahat Targetkan Raih Predikat KLA Nindya

Perjanjian Kerjasama Pemerintah Kabupaten Lahat tentang perlindungan khusus anak dalam rangka mewujudkan Kabupaten Lahat menjadi Kabupaten Layak Anak, Rabu, 24 Mei 2023.--

Lahat, Lahatpos.co - Kabupaten Lahat ingin mengejar target meraih predikat Kabupaten Layak Anak (KLA) Nindya. Hal ini terungkap dalam pertemuan pembukaan pelatihan Konvensi Hak Anak bagi tenaga pendidik tingkat SMP kawasan Kabupaten Lahat tahun 2023, sekaligus Perjanjian Kerjasama Pemerintah Kabupaten Lahat tentang perlindungan khusus anak dalam rangka mewujudkan Kabupaten Lahat menjadi Kabupaten Layak Anak, Rabu, 24 Mei 2023.

Untuk meraih KLA Nindya, ada lima klaster penilaian dalam penyelenggaraan penghargaan KLA ini, yakni pemenuhan hak sipil dan kebebasan anak, pemenuhan hak anak atas lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, pemenuhan hak anak atas kesehatan dan kesejahteraan, pemenuhan hak anak atas pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta klaster perlindungan khusus anak.

Kategori Nindya harus mendapatkan bobot penilaian antara 700-800. Yang terpenting, anak-anak di Kota Kota bisa mendapat kenyamanan hidup, hak hidup anak, dan hak dasar anak, yakni hak hidup, hak tumbuh dan berkembang, hak perlindungan anak, dan hak partisipasi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Lahat, Hj Nurlela SAg menyampaikan, peserta pelatihan yang hadir adalah guru atau pendidik dari SMP Kabupaten Lahat berjumlah 50 orang guru. 

Kegiatan ini bertujuan untuk dasar pelaksanaa tentang perlindungan anak dengan peraturan daerah Kabupaten layak anak.

Peningkatan kompetensi sumber daya manusia khusunya guru pada tingkat SMP dalam wilayah Kabupaten Lahat, serta mendukung percepatan terwujudnya Lahat menjadi Kabupaten Layak Anak, pemenuhan kebutuhan dan khak-hak anak serta terciptanya satuan pendidikan/ sekolah ramah anak.

Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM menyampaikan, pada tahun 2022 Lahat memperoleh predikat KLA peringkat Madya.

Insyaallah pada tahun 2023 yang sekarang masih dalam proses penilaian, kita dapat memperoleh peringkat Nindya. 

Pada kesempatan ini, Wabup mengimbau mengajak ASN, aparat penegakan hukum, dunia usaha dan lembaga masyarakat di wilayah Kabupaten Lahat dapat menjalankan amanah undang undang perlindungan anak yaitu memenuhi perlindungan anak hak anak. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: