Korsleting Listrik Penyebab Empat Rumah di Jarai Terbakar

Korsleting Listrik Penyebab Empat Rumah di Jarai Terbakar

Petugas Damkar Jarai Area saat menyemprotkan air-Wahyu/LAHATPOS.CO-

LAHATPOS.CO, Jarai- Terhitung dari awal Januari 2023 hiingga saat ini sebanyak empat rumah hangus terbakar di wilayah Jarai Area Kabupaten Lahat. Diantaranya satu rumah di Desa Kapitan, satu rumah di Desa Karang Tanding, dan dua rumah di Desa Aromantai. Penyebab kebakaran tersebut diduga diakibatkan oleh korsleting listrik.

Kordinator Pemadam Kebakaran Jarai Areq Herlin Febriani mengatakan, pada tahun 2023 ini pihak damkar Jarai Area telah berhasil mengamankan empat kasus kebakaran rumah.

"Dengan beranggotakan sebanyak 12 anggota, petugas damkar wilayah Jarai Area selalu sigap dan siap saat menjalankan tugas. Karena, petugas damkar Jarai Area bertugas selama 24 jam," ucapnya, Kamis 11 Mei 2023.

Menurutnya, kasus kebakaran yang sering dihadapin oleh petugas damkar yakni terjadi karena disebabkan arus listrik pendek atau korsleting listrik. Oleh karena itu, penghuni bangunan diharapkan selalu waspada akan peralatan listrik yang ada di rumah, toko atau kantornya. 

"Gunakanlah peralatan listrik yang aman dan berstandar SNI dan lakukan pengecekan untuk memastikan peralatan tidak rusak saat digunakan, sehingga menyebabkan korsleting," jelasnya.

Pihaknya, terus melakukan sosialisasi dan memberi pesan kepada seluruh masyarakat agar selalu memeriksa instalasi kelistrikan dan kompor gas di rumahnya masing-masing, kemudian mematikan perangkat yang terhubung ke listrik ketika bepergian keluar rumah serta pastikan menggunakan barang yang berstandar SNI.

"Seperti kompor gas beserta perangkatnya harus sesuai standar penggunaan, kemudian sambungan listrik ketika keluar rumah harus di cabut agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak di inginkan, masyarakat juga dituntut untuk harus berhati-hati terhadap benda-benda atau bahan dasar yang mudah terbakar seperti kayu, kain, plastik dan sebagainya," ungkapnya. (why)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: