Polres Lahat Optimalkan Peran Bhabinkamtibmas Antisipasi Karhutla

Polres Lahat Optimalkan Peran Bhabinkamtibmas Antisipasi Karhutla

Kapolres Lahat AKBP S Kunto Hartono SIK MT memimpin apel Bhabinkamtibmas dalam rangka antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan persiapan Pengamanan Pemilu tahun 2024.--

LAHAT, LAHATPOS.CO - Kapolres LAHAT AKBP S Kunto Hartono SIK MT memimpin apel Bhabinkamtibmas dalam rangka antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan persiapan Pengamanan Pemilu tahun 2024, Rabu 10 Mei 2023.

Apel besar Bhabinkamtibmas Polres Lahat diikuti oleh 3 polres yang terdiri dari Bhabinkamtibmas Polres Lahat, Bhabinkamtibmas Polres Muara Enim dan Bhabinkamtibmas Polres Pagar Alam. 

Hadir dalam giat tersebut, PJU Polres Lahat, para Kapolsek, masing-masing Kasat Binmas Polres Muara Enin, Kasat Binmas Polres Pagar Alam dan personel Bhabinkamtibmas. 

Dalam amanatnya, Kapolres Lahat membacakan amanat Kapolda Sumsel sesuai dengan pasal 1 UU Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2902 definisi dari keamanan dan ketertiban masyarakat yang disingkat Kamtibmas adalah suatu kondisi dinamis masyarakat sebagai salah satu persyaratan terselenggaranya proses pembangunan nasional.

Kapolres Lahat, disampaikan Kasubsi Penmas Humas Polres Lahat Aiptu Lispono SH mengungkapkan, dalam rangka tercapainya tujuan nasional yang ditandai oleh terjadinya keamanan, ketertiban dan tegaknya hukum, serta terbinanya ketentraman masyarakat. 

Untuk menjaga Kamtibmas tersebut peran Bhabinkamtibmas dikedepankan karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

Berdasarkan data dari BMKG untuk waspada dan siap siap menghadapi kebakaran hutan dan lahan di tahun 2023, terutama daerah daerah yang memiliki kawasan hutan dan rambut. 

Upaya yang dilakukan adalah edukasi dan sosialisasi agar dilakukan upaya pencegahan dan antisipasi dengan tidak melakukan pembakaran secara sembarangan.

Untuk itu jangan sampai terulah kembali pembatasan aktifitas dan gerak manusia akibat asap pembakaran hutan. 

Saat ini pemerintah sudah melakukan serangkaian kegiatan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada tahun 2024, bhabinkamtibmas mempunyai peran dan fungsi dalam mendeteksi setiap permasalahan sejak dini dan melakukan penguatan dalam mengajak masyarakat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. (*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: polres lahat